Skip to main content

Basic Workshop Osipital 2013 / BMW 2013

Long time no see!!
Well, Assalamu'alaykum wr wb.. Ah, sudah lama rasanya melupakan blog ini sejak masuk semester 3.

DMS (baca: Dermatomusculosekeletal) done!! Akhirnya blok tersusah di semester ini berakhir juga, walaupun masih ada utang ident PA. Semoga aja Hypoglossus (Angkatan kami di FK Unsoed) lulus semua, terutama buat temen2 Reproku tersayang, Fita, Ayu, Fifi, Billy, Dessy, Bibah.
Oke, kali ini aku mau cerita tentang workshopnya Osipital. Jadi workshop ini merupakan salah satu proker OSI yang diadain ga sampe 1 tahun sekali, kali ini dengan komandan kami, mas Cahya. Setelah 2011 lalu kami mengadakan acara ini, akhirnya di 2013 acara ini diadaiain dengan pemateri yang sama dr.Siswo dari BASARNAS. Apa itu BASARNAS, BASARNAS itu singkatan dari Badan SAR (oke SAR ya bukan SARS) Nasional. 
Sebenernya menurutku acara kali ini diadainnya benar2 mendadak, kalau tahun 2011 lalu persiapan dari H-stgh tahun, kami cuman menyiapkan ini dalam waktu 3bulan dengan efektif 1 bulan. Ya, Alhamdulillah peserta nambah 18 orang dari tahun kemaren.. check it out serba serbi BMW 2013

Pre BMW
1. My first time to be HUMAS
oke ini adalah kali pertamanya aku menjadi HUMAS, dan ini acara nasional broooh!!! untung aja aku ga jadi koor. Yup, Fifi lah koornya. Sebenernya sih aku seneng-seneng aja bisa jadi Humas ya kupikir aku bisa dapet channel baru dari luar kota, luar pulau, kan lumayan tuh. Walau pada kenyataan, aku yg pj-in promosi ke TBM2, -bisa dianggap- hmm.. ga laku dibanding Fifi yang koar2 ke KSR. Tapi gpp deh, datangnya MALADICA dan GYRUS cukup menyenangkan hariku di saat BMW (sekedar info maladica dan gyrus ini masuk perhimpunan tbm seindonesia).

2. Repro, Osi, aku sayang kalian
Nah ini adalah ajang tangis menangis angkatan Repro, dimulai dari kami(Repro) yang mulai merasa frustasi akan kegiatan akademik ataupun non akademik. Kami mulai merasa diperlakukan dengan tidak adil, ya aku akui kami mulai sedikit study orienting dan iri sama salah satu angkatan atas yg bisa ga ikut rapat hanya karena ujian. 
ya memang saat kejadian ini kami masih di awal2 DMS di mana prak, skill lap, pbl, dkk menghiasi setiap harinya. Awalnya komandan kami memulai rapat dengan meminta kami untuk mencurahkan isi hari kami masing (sepertinya pak Komandan ini tau ada yang mengganjal di hati kami). Dan ternyata, Fita (kamu luar biasa) yang berbicara terlebih dahulu.
Yah, di saat itu, kami mencurahkan semua isi hati kami. Tentang perasaan yg jenuh, capek, frustasi, takut. Yang pasti inti dari semua nya itu Kami (Repro) menakutkan suatu hari nnti Osipital yang kami sayang, Osipital yang kami banggakan akan jatuh nntinya melihat keadaan saat itu.
Mungkin ini bisa dibilang cengeng, tapi di situ aku ngerasa bener2 punya keluarga, well Osipital itu udah menempati beribu2 hepatosit di hatiku, di hari Fita, Billy, Ayu, dan Bibah yang saat itu hadir di event ini. Yang so sweetnya, kami ngomong depan forum sambil berpelukan satu sama lain. Belum pernah deh seumur hidupku menakutkan masa depan sebuah organisasi sampai kayak gini.
Aku masih inget, aku bilang gini "Aku beneran sayang sama Osipital, aku bener2 nganggep semua senior osipital itu kkakku, aku sayang kalian semua" dan tiba2 sambil ngangkat tangan dan mengacungkan 2 jari aku bilang, "Tapi sumpah ini bukan modus". (Payah!) aku ngerusak khidmatnya acara tangis menangis itu, mebuat mas Ijal, mas Cahya, mbak Zhita, Bibah, Billy, Fita, Ayu serempak langsung ketawa. hah, Heidi ada2 aja koe iki.

Tapi terlepas dari itu, kami bener2 menakutkan masa depan kami nntinya, apalagi ketika Mas Ijal, mbak Zhita, mas Cahya, mas Didi udah koas semua. Hah... sebenrnya tinggal itung beberapa bulan lagi. Oiya yang paling bikin sedikit terharu, adalah waktu mas Anwar bilang yang intinya, "Aku gak sia-sia bangun organisasi ini mempertahanin, aku seneng liat adek2ku mengkhawatikan dan menyayangi organisasi ini. Liat, liat nnti aku akan melakukan apa!" 
Deg! aku lihat wajah mas Anwar yang sedikit berkaca-kaca. Seorang pio (cc mas Anwar), aku bener2 percaya sekarang kalau pio itu bener2 jatuh bangun buat organisasi ini. Dan di momen mengharukan itu yang aku tahu hanya satu hal. Kami semua sama2 sayang osipital, kami semua sayang satu sama lain, mungkin waktu kami masuk kami sama2 orang asing, tapi ga perlu waktu beberapa lama, kami menjadi sahabat lalu keluarga. 
Untuk Pio, terimakasih sudah memperjuangkan terbentuknya Osipital. 
Untuk kakakku, terimakasih sudah mengajarkan dan mengorbankan banyak waktu buat kami
Untuk Repro, HOW I LOVE YA!! Ayu, Fita, Fifi, Billy, Bibah, Dessy kalian udah lebih dari sekedar sahabat, aku sayang sama kalian semua. Makasih ya, uda mau dengerin cerewatannya aku, ngehibur, atau yah well ngece aku, dan selalu kasih semangat waktu aku jatuh. Aku sayang kalian semua !!! sayang banget!
Untuk adikku, Indi, Otong, Tressa, Capung, sama Miftah, dan juga Dewi cantik :P. lihat pengorbanan kakak2mu, suatu saat nnti kepemimpinan organisasi ini akan ada ditangan kalian. Suatu saat nnti kalian lah yang akan memimpin kami, bukan kami yang memimpin kalian. Jaga terus kekeluargaannya ya!

c. Fifi kamu koor yang baik
Ini dia, Fifi koor Humas, yg cuman di staffin sama satu org + Miftah. Aku tahu kamu sempet stress gara2 masalah ini. Yuh fi.. ini baru DMS, aku tahu kamu org hebat itu kenapa disaat kamu tepar waktu kita naik gunung, kamu masih tetep bisa sampe puncak. Kamu pasti bisa fi, ada Repro yang siap jadi senderan buat keluh kesah kamu kok. And finally, congrats fi!! kamu berhasil mengundang kurang lebih 50 org di acara ini. Osipital must be proud of ya!

d. Nemenin konsum jadi kerja sampingku
Karena kedekatannku dengan bung Fita, akhirnya ibu Fita ini kalau cari makan buat konsum bareng gitu sama aku. ya biasanya aku sama dia cari konsum buat BMW ini sambil makan bareng ke luar. Aduh kangen zaman2 ini.. Sayangnya di pas acara aku ga bisa bantu terlalu banyak karena aku ngurusin urusan Humas. But, Congrats bung Fita!! Makanane enak.

e. H-seminggu BMW, minggu ujian angkatan 2012
Gak nyangka, waktu-waktu ini udah kami lewati, pagi-siang dihabiskan buat ujian dan sore-malam buat rapat, nanti malam-pagi lagi kami harus belajar buat ujian besok. Kalau dipikir2 lagi.. aduh, bener2 deh percaya ga percaya melewati hal ini. Dan ternyata diliat-liat, aku, Fita, Fifi, Ayu, Billy, Dessy, Bibah, plus Dewi walapun kami tetep kena remed tapi banyaknya remed kami masih wajar walaupun malam sebelum ujian pasti kami sibuk rapat. Well guys, we did it well!!

f. Rebutan LO sama Fifi
teet.. teet.. (ceritanya hpku geter nih) oke ini ada sms dari Fifi. Semoga aja berita baik pikirku dalam hari. Inti dari sms itu :
Hei, kamu jadi LOnya tamu dari PWT yaa
Hah, Fifi. Kamu gatau banget sih kalau aku pengen nge LOin yang dari luar kota. Aku pingin bisa sharing sama mereka, ya setidaknya sebagai LO aku pasti ngobrol atau basa basi lah sama mereka.
Sampai pada akhirnya H-bbr jam BMW Fifi, dengan bangganya bilang kalau dia gantiin si Capung buat jadi LOnya UNMUL sama UAD krn Capung mau ngurusin konsumsi. 
Heidi : Kamu gimana sih fi, gatau perasaan staffmu banget, kamu kan udah jadi LO yg lain!
Fifi : Hehe.. Ya kan hei, aku pikir kamu itu deket sama yg di pwt jadi gampang, ini aku gantiin cuman sampe Ofi (nama asli capung) selesai ngurusin konsumsi kok. (sambil senyum2 penuh kemenangan)
Heidi : huh, aku pingin gantiin Ofi nih!
Fifi : iya deh yaudah sama kamu aja
Heidi : Yaudah deh gajadi (well, aku merasa jadi ga enak hati, ya Fifi kan koorku sebagai staff aku hanya bisa mengikuti perintah).
Sampai pada akhirnya UAD dan UNMUL di LO-in sama Fifi.

BMW
Pagi, ini bangun jam 4 lebih, dan menurut pengakuan anak2 di sekre mereka uda bangunin aku sambil menguncang2kan badanku dan aku pun tetep belum bangun. Samapi pada akhirnya aku baru sadar bahwa aku ditinggal di sekre sendirian, dan yang lain udah pada pulang buat mandi. Untung aja aku bawa persiapan baju ditemani miss Bibah, akhirnya sambil keluar dari sekre, berkumuh2, wajah ga jelas masih ngantuk, ngelewatin peserta workshop (sumpah ini malu2in) aku mandi di kampus. Untung aja dinginnya air kampus bisa bikin wajahku keliatan setidaknya sedikit lebih fresh. Nah, jadi hari itu tggl 30 November hari pertama+pembukaan acara kami (cieee) Alhamdulilillah dari dekanat dr.Sari selaku PD III bisa dtg buat membuka acara. (yey tugas Humas dilaksanakan dengan baik!). Nah, jadi hari itu acara workshopnya dipenuhi oleh materi yg berjumlah 7 (sedap gak tuh? ngantuk nih bakal jadi!)

a. Jadi LO UNMUL dadakan
Waktu kejadian ini, aku blm ngaca, abis mandi pake segala macam perlengkapan tanpa bener2 ngaca karena keburu bangunin peserta yg masih tidur. Tiba2 waktu lagi ngobrol di depan sama Miftah, mas Wafi (peserta dari UNMUL) datang menghampiriku, mas Wafi bilang tuh mau mampir ke ATM lewat mana. Awalnya sih aku nawarin dia buat naik motor tapi karena berhubung mas Wafi bawa rombongan 4 org lagi, akhirnya kami memutuskan untuk jalan kaki saja.
Akhirnya secara tidak sengaja aku mendahului Fifi jadi LO buat UNMUL (yey!), nah kami cari Atm lewat margono, maksudku sih biar ga panas, sekaligus ngajak jalan mas2nya ke margono (penting banget ya ngajak jalan2 ke margono). Disepanjang jalan kami ngobrol basa basi gitu. Untung aja mas2 dari UNMUL ini asik2 semuanya, aku paling suka kalau mereka mulai membully yg paling junior disana (cc: mas Yongki). hah, rame pokoknya sama mereka. Oiya, trs salah satu dari mereka ada yang nanya aku dari mana. Hmm. ya kalau dibilang dari Solo, aku gapernah ngomong bahasa Jawa, bisa juga enggak, tinggal disana juga engga pernah. Yauda deh aku jawab domisiliku di bandung, koplaknya tuh mas2 mereka jadi panggil aku teteh semua. hahaha

b. Aku berusaha untuk fokus, tapi kantuk mengalahkan
Sumpah! aku berusaha mati2an buat tahan kantuk, tapi apa daya mata rasanya berat banget sampai aku beberapa kali ketiduran di antara peserta. Koplaknya lagi, krn Bibah yang uda capek (alias ngantuk) jadi operator gantian aku yang jadi operator. And u know what?? Aku sempet ketiduran bberapa dtik dan itu trjadi beberapa kali. Itupun terbangun pas dr.Siswo bilang, "Yak, slide selanjutnya" .
aduduh duh, parah tenan kowe heii..

c. Speechless
Tressa : Mbak, aku pulng dlu yaa
Heidi dan Fifi : Eh iya mau ngapain?
Tressa : Mau cuci ketiak mbak, hehe
Heidi dan Fifi : (speechles) krik krik kri 5 menit kemudian tertawa ngakak

d. Jadi LO galak
Jadi gini ceritanya, waktu aku abis mandi malem trus mau brgkat lagi ke kampus dgn jalan kaki tiba2 di depan margono (pas lagi nyebranng) aku menemukan bbrpa sosok laki2 yg familiar wajahnya. Disaat-saat itu aku yang sempet bengong, liatin wajah mereka, dan kocaknya masih di tengah jalan dan tiba2 sadar kalau mereka itu peserta BMW. Aku yang kesel karena liat mereka tanpa pendamping dari panitia pun masih terpaku di tengah jalan, sampai akhirnya salah satu mas2 mencoba buat narik aku dari tengah jalan itu, yah untungnya sih aku langsung sadar dan ga perlu ditarik beneran (yah, sebenernya untung aja gak terjadi adegan tarik menarik ala mau ketabrak di sinetron2 gtu).
Mas-mas yang sepertinya sedikit kaget dan khawatir ini, langsung aku tanyain sama beribu pertanyaan.. Yah sedikit aku marah2in juga sih, abis bisa2nya mereka pergi tanpa LO, sebagai panitia yang bertanggung jawab sama peserta kalau mereka ada apa2 gimana coba? kalau mereka diculik? terus dijual ke luar negeri gimana coba? Intinya aku berubah jadi rada jutek2 gimana gitu, omonganku juga jadi sedikit ketus, aduh mas2 yg kemren aku marahin maaf ya mas. Aku hanya mengkhawatirkan keselematan anda sekalian.
Oh ya yg lucunya setelah kejadian malam itu, mas2 ber4 yg entah aku tak tahu namanya ketika ketemu aku pasti langsung senyum dan sedikit bungkukin badan. Yah, mungkin mereka tau dan sadar kalau aku marah karena mengkhawatirkan mereka (cieee!)

e. Happy Birthday mbak Nova!!
Yaah.. akhirnya hari yang melelahkan ini selesai juga, abis evaluasi. Mbak Zhita mempercayai aku buat ngambil kue di dapur dan menyiapkn segala rupanya sama Billy. Dengan segala acting, skenario, dan rekayasa yg kami lakukan akhirnya kami berhasil kasih suprise buat mbak Bor eh mbak Nova maksudku yang hari itu ulang tahun yang ke.. (sebutin ga mbak?).
Pas kami mau foto brg2 sama kuenya, dari belakang mas Didi udah siap2 nyiapin ramuan air bunga tujuh rupa buat di siramin ke mbak Nova. Byuuur!! Seger banget pasti tuh air, yang mengandung ampas kopi, teh, air penuh serangga, dan air cucian piring. Dan suasana di gedung B menjadi sangat meriah.. Untung saja gada peserta yang kebangun sama ributnya kami.
Btw, selamat ulang tahun ya mbak Nova! cepet kawin *ups*.

BMW 2

a. Cowok kekar
Oke jangan salah paham dulu, gini ceritanya, Abis bangunin peserta buat shalat shubuh, mandi dan ganti baju. Aku, Fifi, sama LO lain (cc: Billy, Indi, Miftah) bermusyawarah depan tangga tmpt penginapan peserta mengenai perpulangan peserta sama oleh2 titipan peserta. Nah, di sini kami sedikit bersihkukuh (suasana di sini tegang, wajah gak ada yg senyum, kondisi:belum mandi, baru cuci muka aja, baju masih baju yg td buat tidur) dan tiba2 disaat2 menegangkan itu. Turunlah seorang mas-mas memakai baju "you can see" dari tempat penginapan peserta, yap teman2 itu adalah salah satu peserta+teman sejawat kami (cc: mahasiswa kedokteran). Ternyata mas mas itu tanpa disadari menyita perhatian kami. Serempak kami pun melihat mas2 itu (ini gada unsur apa2 yaa). Dan ketika mas itu berjalan sdh melewati kami wajah kami yang semula murung semurung langit malam ini, berubah tiba2 (apalagi Billy jadi cerah banget)

b.Kuisioner
Aku benci sama kuisioner ini, entah kenapa setiap comment yang mengarah ke LO.. anak2 selalu berprasangka klo comment itu buat aku. Well emg cuman aku LOnya?????? nih nih.. contoh commentnya
- LOnya baik tapi rada narsis (buat mas atau mbak yang nulis ini, tunjukkan di mana letak ke narsisan ku!)
- LOnya jangan keseringan tidur (oke, ini emg hobiku)
tapi ada yg bagus deh commetnnya aku suka, kalau ini emg bener2 buat aku nnti aku turutin deh, ini inti dari commetnnya tuh..
- LOnya kalau sy ke sini lagi, yang ini lagi aja yaaa..
(untuk mas/mbak yg nulis, sy ucapkan terimakasih banyak semoga kita bisa berjumpa lagi :') *soundtrack : lagu2 perpisahan gitu*)

c. Serba serbi ngobrol sama istrinya dr. Siswo
Kali ini setelah Billy yang udah capek banget ngurusin berbagai macam hal, akhrinya aku lah yg menggantikan Billy buat ngobrol ama istrinya dr. Siswo . Wiuh! gaul banget rupanya tante ini, beliau cerita banyak banget tentang hal-hal yang beliau lakukan waktu jaman2 kita gini. Yang paling lucu, waktu beliau bilang dan menyarankan perkuat pusat banyakin cabang (mksudnya, banyakin cowok) hahahaha.. aduh duh satu aja belum dapet tan.. Cariin dong tan yang dari jakarta *ups* oke Heidi enough..
Aku dan tante juga sempet sharing tentang makanan gitu.. karena tante tau aku dari bandung aku cerita deh macam2 makanan di bandung, oiya kayaknya beliau juga tertarik sama cireng isi yang aku ceritain (y!).

d. Finnally, it's over!
TADAA!! Akhirnya semua selesai juga, setelah simulasi kecil dan simulasi besar. Akhirnya acara ini selesai juga!! Khusus untuk aku, Fifi, dan LO lainnya beberapa jam stlh selesai kami masih harus ngurusin kepulangan para peserta kami. Jadi naas kami ga bisa ngeksis kayak panitia lain yg bisa foto sini situ. Ah.. tapi gpp deh, kedekatan kami sama para peserta bisa membayar waktu-waktu kami yang hilang buat bernarsis riang. Dan aku tau mas2 macho itu namanya.. Mas Paijo *OMG*
*Oiya akhirnya aku jadi ngerangkap 3 LO, LO UAD, LO UNMUL, sama LO PWT

e. Menemani peserta terakhir
Well.. ini adalah waktu di mana saat2 terakhir mas2 dari UNMUL ya sebut saja mas Wafi, mas Anjar, mas Wahyu, mas Yongki (yang srg aku sebut mas Thomas), dan mas Bagas di purwokerto.. Berhubung aku LO mereka (sebenernya LO cadangan) akhirnya aku dengan senang hati menemani mereka sampai pukul 11 malam. Awalnya aku berniat ngajak mereka makan pake mobil ke alun2 pwt, berhubung mobil di pake semua akhirnya aku, Ayu, Fifi menemani mereka jalan dr kampus ke dpn margono hanya buat mencari sesuap nasi. Hah, mas2 dari UNMUL maaf yaa kami ga bisa menjamu dengan baik, malah kami ditraktir lagi. aduh duh, kalau ketawa pak Komandan bisa di marahin kie..

well, tapi gpp kan mas? yah jgn bosen2 ke osipital, sebuah kebanggaan tersendiri di acara kami hadir peserta dari Kalimantan. Oiya, waktu makan brg ini, aku banyak banget diceritain apa aja yg ada di kaltim. Pingin sih suatu hari nnti ke sana, ya itung2 pingin liaitn hutannya sebelum bener2 dipangkas semua tuh hutan sama tangan2 perusahaan yg ga bertanggung jawab! ada juga laut yang bening, katanya airnya itu gada warnanya jadi kita bisa liat langsung apa sih yg ada di dalamnya, uda gitu airnya setengah tawar setengah asin.. aduh, pingin banget lihat2 ke sana.
Yang paling masih aku inget itu kata2nya mas Bagas..
mas Bagas : sepertinya kampus kami dulu itu bekas hutan. Ya, suka ada binatang yang numpang lewat di kosan kami. Kalau sudah begitu, kami selesaikan dengan damai. (Alias di simpen di wajan masak).
atau mas Yongki
mas Yongki : Mungkin abis pulang dari sini, perut kami langsung pada maag semua, soalnya kami kembali makan-makanan di sana.
Yang pasti rame deh, denger cerita nya mas2 ini.. oiya untuk bung Fita, Pujian mengenai konsumsi dan coffee break untukmu!! katanya enak looh, (semoga aja emg beneran enak)..

Abis makan2, kami langsung kumpul brg di sekre sambil cerita2.. beberapa dari kami juga nyicil ujian alias latihan menjahit, juga ngebidai. Nah, kalau menurut Ayu sih mas2 nya sempet dijadiin probandus. Oiya, satu lagi yang so sweet waktu mas Anjar (Komandan KSRnya) ngasih oleh2 dari KRS UNMUL buat mbak Zhita (ketua BMW).

Dan Finally, aku, mas Hakim, dan mbak Zhita lah yang menemani mas2 dari UNMUL ini ke station. Rencananya mereka mau ke jogja trus misah gtu, ada yg langsung balik ke Kaltim, ada yang ke salatiga dulu, ada yg ke malang dlu juga. Well, well, well, it's very nice to meet you, mas2 dari KSR UNMUL. Makasih oleh2nya, semoga kalau ada acara di Osipital, mas2nya bisa dtg lagi yaa..


and yap it's OVER !!! we did it!!
tulisan ini di dedekasikan oleh :
mbak Zhita : Selamat mbak acaranya sukses (y)!
mas Cahya : Makasih mas, buat semua bimbingan dan nasihatnya, semoga tahun depan kita bisa bikin yg lebih heboh
Fifi : good job fi! walaupun gasampe 100 kita melebihi peserta tahun lalu
Fita : makanannya enak fit! teruskan potensimu sebagai konsumsi!
Ayu : acara hari kedua kece badai yu!! apalagi simulasinya
Mas Danan : aduduh mas Danan ini perkap sejati 2 jempol buat mas Danan (bukan dek Danan lagi ya mas..)
Dessy : Good job des!! kibarkan danus osipital di setiap angkatan!
mas Boma : mas Boma memang selalu pnya design kece buat acara apapun
mas Hakim : memang yaa calon komandan itu selalu siap segera, dan geraknya cepet walau staff cuman 1.. gasalah kalau Osi memilih mas buat tahun depan (y!)
teh Tipunk dan mbak Ai : ini nih, sekre dan bendahara yang kupikir selama rapat tugasnya selalu selesai..
AM OSI: yap, untuk junior yang tinggal bbrapa bulan lagi jadi adik2ku.. suatu saat nnti kalian harus bisa bikin acara yang lebih dari ini!!

Terimakasih banyak terutama buat dr. Siswo yang sudah mau menjadi pemateri di acara kami, dan juga untuk pembina kami dr. Dayat yang selalu memberikan membibingan dan pelajaran banyak kepada kami.
Tak lupa juga buat mbak dan mas delegasi, hmm.. kalian zalim ya kalau ga bener2 praktekin apa yg ada di BMW. hehe :D

Dan.. yah mungkin aku uda terlalu banyak nulis, sampe tulisannya ke mana2.. tapi yg pasti, acara BMW ini membuat kami makin klop, makin kompak, dan makin sayang satu sama lain. Semoga saja tahun depan kami bisa bikin acara yang lebih heboh dari pada ini. Cao!


Ini foto di station Purwokerto barang mas2 dari KSR UNMUL (Mas Wahyu, Mas Yongki, Mas Anjar, Mas Wafi, sama mas Bagas) 

Ini foto mas Anjar sama mbak Zhita waktu serah terima kenagn2 dari KSR UNMUL

Ini poster publikasi BMW
dan tunggu foto2 berikutnya..

Sebuah malam yang dingin,


HDM
Padalarang, 2013

Comments

Popular posts from this blog

.

 Assalamu'alaikum, Alhamdulillah masih ada waktu walau sedikit untuk menuliskan semua gundah gulana di hati (cielah). Ternyata setelah 1 tahun setelah berada di tempat yang asing, hari-hari terasa lebih cepat berlalu dibandingkan 1 tahun pertama. Aku yang sudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar (sapi yang berkeliaran, sampah yang harus dibakar, atau cuaca yg berubah-ubah seperti hatiku yang berubah-ubah). Aku jadi lebih enjoy dan lebih pasrah menangani pasien yang attitudenya membuat sakit hati (gak semuanya ya), menghadapi ketokan-ketokan maut yang bikin kaget, sabar menghadapi perawat atau bidan yang sering miss komunikasi denganku, atau menghadapi orang-orang yang unik. Semuanya menjadi lebih baik lagi setelah aku memutuskan untuk praktek di apotik teman, yang kemudian mengantarkanku mengenal banyak orang yang ternyata asik. Kegiatan-kegiatan IDI juga membuatku lebih bersemangat belajar. Ternyata berkenalan, sharing, dan saling konsul dengan teman sejawat itu bisa menjadi mo

Mencoba hidup sehat versi Heidi 2

Setelah 1 tahun menjadi vegan dengan cheating day ku sehari setiap minggu. Aku akhirnya memutuskan untuk kembali menjadi manusia omnivora, alasannya karena ditempat ku tinggal sekarang, jenis sayuran sangat terbatas dan sulit untukku memenuhi kebutuhan gizi ku. Anyways aku akan tulis tentang beberapa penelitian mengenai vegetarian di next tulisan blog ku. Oiya, vegetarian dan vegan itu beda ya. Vegetarian adalah hanya makanan sayur (plant-based) dan tidak makan hewani, contoh daging ayam, sapi, ikan tapi masih mengonsumsi makanan-makanan yang asalnya dari hewani, contoh telur, susu, keju, madu. Nah kalau vegan tidak mengonmsi makanan jenis apapun yang berasal dari hewani. Kesimpulanya vegan hanya makan sayur dan buah-buahnya saja.  Kalau aku sendiri pengalaman jadi vegan itu benar-benar mendetok tubuhku. Nafsu makan sama makan-makanan receh pun berkurang dratis setelah memutuskan jadi vegan. Tapi, berat badan bukan lagi jadi tujuan utama. Karena kalau fokus sama BB kita hanya fokus sam

Mencoba hidup sehat versi Heidi

 Assalamu'alaikum,  Akhir-akhir ini masyarakat sudah banyak yang sadar dan "mencoba" pola hidup sehat, terutama di daerah perkotaan. Alih-alih ingin sehat, turunnya timbang badan juga merupakan tujuan utama orang-orang mengubah pola hidupnya. Sejak tahun 2018 begitu pindah dari kota belajarku tercintah (Purwokerto) ke Jakarta. Aku mengalami perubahan dratis pola makan, menjadi sangat tidak sehat. Minuman boba, es kopi ala2 kenangan masa lalu yang suram, atau fast food yang tinggal kepeleset dapet membuatku kalap. Dari yang setiap minggu lari sore menjadi setiap minggu minum boba dan makan gorengan, Berat badanku yang masih di angka 50an melonjak dratis ke angka 60an. Sampai-sampai masalah jerawat yang sudah solved tiba-tiba muncul lagi dan muncul berbagai macam alergi kulit lainnya. Antibiotik yang awalnya fine2 aja tiba2 bikin alergi. Sampai pada akhirnya tubuhku memborantak, luka kecil di kaki berubah jadi eksim parah yang menyerang seluruh tubuh, sampai banyak yang men