Skip to main content

Refleksi 19 tahun kebelakang

Assalamu’alaykum, oke kali ini gue (cielah pake gue, biar enakan dikit ceritanya yey) akan bercerita tentang pengalaman hidupku dari lahir sampe umur 19, ya walaupun lupa sama pengalaman-pengalaman waktu masih ada di rahim ibu, atau waktu masih jadi zygot. Andai sy masih ingat, pasti itu bakal jadi pengalaman yang tiada duanya, cetar membahanan, dan kece badai. Oke langsung aja:

A.      Tanggal 19 Juli 1994, sekitar jam 10 malam. Yang harusnya hari selasa, tapi entah mengapa di akteku ditulis Rabu(-___-) gw dilahirkan, lewat proses persalinan biasa. Berat 3,7 kg tinggi 50 cm, jaitan yang luar biasa banyak. Kata mama, sy ini anak yang paling gede, paling rakus, paling ngabisin duit, paling nakal, dan palinglingling yang jelek diantara ketiga sodara sy. Aku lahir dalam keadaan ga sehat walafiat, ga nangis dan itu tandanya gak bernafas, akhirnya saya dilarikan di rumah sakit terdekat, yah sy ingat rumah sakit itu RAJAWALI. Setelah beberapa minggu sy dirawat di sana, bertarung dengan kematian akhirnya Alhamdulillah bayi yang paling BESAR di ruang rawat bayi ini pun terselamatkan. Dan kata dokter, mama ga boleh berharap lebih, aku hidup pun udah bersyukur. Dari situ mama bisa ambil kesimpulan yang berdasarkan artikel yang di bacanya, bahwa kemungkinan sel-sel otakku ini ada beberapa yang rusak jadi jadi jadi nanti mungkin bakal ketinggala pelajaran (tapi faktanya Alhamdulillah enggak). Makanya sejak saat itu, mama selalu memberiku makanan bergizi dan imunisasi plus vitamin plus2, sama susu paling baik seantero jagad raya, yang diakui mamaku sekarang sangat-sanagt menghabiskan duitnya. Ampun mama, ampun, aku berdoa semoga nnti anakku kelak tak seperi diriku.

B.      Kenalakaan masa kecil
yang diceritain mama:
1.       Nyebar rinso satu rumah bikin lantai licin-licin gimana gitu
2.       Bikin takut anjing bukannya dikejar anjing tapi mengejar anjing
3.   Pernah dudukin adek yang masih bayi merah dan cemong-cemongin    mukanya pake bedak
4.       Suka bikin sepupu cowok nangis
5.       Destroyed, menurut tante
6.       Ngejek Datuk (kakek) waktu batuk
7.       Pernah di guna-guna, hahaha
8.       Rambut Kribo abis
9.       Suka gangguin orang
10.   Nyusunya kuat, haha
11.   Dipanggil Mutia klo di bandung, dipanggil Dewi kalau di Wonogiri

C.      TK
Dari lahir sy udah gasuka belajar, masuk TK 2 kali gagal padahal udah didaftarin dan uda bayar uang masuk, bukan karena kemampuan belum memadai tapiemang gamau. Sampai akhirnya pada tahun ketiga, karena kasian sama perjuangan mama memasukkanku ke TK tersebut, akhirnya sy memaksakan diri masuk TK, nah karena udah 2 kali gagal sy cuman masuk TK nol kecil dan langsung lompat ke TK nol besar. Yang paling berkesan :
Waktu bilang ke mama, “Kakak benci sama ibu kartini gara-gara ibu Kartini kakak harus sekolah.” Sumpah gue gak ngerti pemikiran gue jaman itu, jahiliah banget, kalau sekarang sy bertemrimakasih banget ama pahlawan para wanita ini. Thanks a lot, Mrs. Kartini wtihout you, i can’t be like this.

D.      SD
SD masa paling labil, 2 kali pindah sekolah sampai akhirnya masuk ke sekolah warisan alias keluarga besar sy kebanyakan lulusan sana. Nah, di sini awalnya sebagai murid baru sy bergabung sama geng penguasa kelas, tapi karena kedekatan sy yang terlalu dekat sama salah satu personilnya sy didepak sejauh-jauhnya. Dan dari situ, gw mulai sadar gue cupu, pulang pergi dianter, ga pernah hang out sama temen, jalan2 selalu ama nyokap babeh, sampai singkatan IP aja gak tau. OMG
Nah, akhirnya sy berteman sama salah satu teman perempuan dari batak, well dulu dia sering dibilangin butet gitu, dan di masa-masa seperti ini naluri untuk melindungi teman muncul, kadang2 sy suka sok-sokan belain dia, padahal gak ngaruh juga. Sampai akhirnya, hub sy sama dia ini kandas juga, entah gue lupa waktu itu main sama siapa aja. Oiya inget, sy main sama pasangan kembar sebut saja, Bel Del yang notabennya anak gahul kita bahkan sempet menamainya AB three... tapi tetep aja gue cupu gue bahkan gak membangga kalau sy pernah segeng ama dua pasangan kembar yang katanya pernah muncul di layar kaca ini (Lah? ini apa namanya?. Sy masih ingat, sy pernah dimusuhin sama anak-anak kelas karena sy bermasalah sama salah satu pembesar geng!! Sy benar-benar terpuruk saat itu, sampai akhirnya pas memasuki bulan puasa mereka minta maaf sama sy, dan sejak saat itu hubungan kami membaik lagi. Bahkan aku sempet barenb-bareng mereka lagi, walaupun tetap merasa cupu.
Yang gue ingat masa SD:
1.  Kelas 3 gatau kelas 4 Putri sama Rifan dinikahin di depan air mancur SD sama anak2 waktu itu
2. Kelas 5 kalau gasalah, sy yang selalu aja ditempatin duduk sama guru dibarisan cowok-cowok jail dikasih julukan keju, setelah Riki yang waktu itu sebangku sama sy mendeklarasikan bahwa dia burger. ASEM
3.   Pernah nangis satu hari satu malem gara2 kehilangan kucing anggora
4. Dijulukin bety lafea ke-2 karena pake kacamata, setelah Putri (ASYEM BANGET)
5. Dijulukin makhluk dari planet mars atau kereta ekspress karena ngomongnya ga direm dan bikn orang-orang ga ngerti ama apa yg sy omongin
6.   Sampai akhirnya mereka menemukan nama panjangku, Betty lafea kedua yang datang dari planet mars yang naik kereta ekspress dan bawa keju.
7.     Ranking paling bagus adalah rangking-11
8.     Pernah disuruh ngelilingin lapangan garaa2 ngebuka catatan guru
9.     Pernah dapet nilai bahasa sunda 0 (ini maklum baru pindah dari jawa)
10. Keluar masuk UKS sampai dipanggil ortunya
11. Ikut audisi API di kelas
12. Jadi tante dalam sinetron yang syutingnya di kelas
13.  Melihara kucing sama anak2 kelas, dan di simpan di lemari kelas
14.  Waktu lagi pelajaran berenang, kebalik pake baju renang
15.  Pernah nangis gara-gara bertengkar sama Fikri
16.  Pernah diambil hpnya
17.  Sekian

E.       SMP
Masa paling dikit memorinya, waktu itu pindah satu kali, gara-gara awal pertama masuk kelas dua sy udah bermasalah sama guru bahasan sundanya, -,-
Di masa-masa ini sy temenan sama yang namanya Dhira, orangnya lucu lah tapi sayang kalau sendawa jelek banget. Pas pindah smp, sy sempet gonta ganti pacar eh salam temen, sebenernya gue sih temenan sama siapa aja tapi klo sama temen seperistirahatan biasanya slalu sama, nah sampai akhirnya bikin geng yang sy lupa namanya. Dengan personil, sy, Felita, Sarah, sama Irmas. Nah, di sini yang namanya Felita itu terkenal abis, rambut direbonding, pake lensa kontak, pacar dimane-mane. Dan sy tetep yang paling cupu, hahahaha.
Sampai akhirnya sy pisah sama mereka, karena merasa gak cocok, dan pas kelas 3 temenan sama yang namanya Clara. Udah kayak novel yang berjudul Heidi, yang memang di sana ada anak kecil yang namanya Heidi temenan ama Clara juga Peter. Maka dari itu sy sama Clara sering mencari-cari Peter tapi naas gak ketemu juga.
Yan gue ingat dari masa SMP
1.    Ngefans berat sama Harry Potter
2.  Dari ke ngefans nan itu sy berharap bisa maen di dalamnya, nah di sini mulai lah sy kenal sama yang namanya mimpi. Eh eniwei sy mulai berprestasi di SMP ini, sering masuk 3 besar. Hehehe, dan mulai rajin belajar
3.   Pingin kuliah di luar negeri biar bisa ikutan castingnya film Harpot terus nnti ketemu ama Rupert Grint
4.   Mulai suka sama yang namanya mp3
5.    Mulai bikin account fb dan suka maen internetan
6.    Bercita-cita punya suami orang UK atau jerman

F.       SMA
SMA masa paling konstan, maksudnya ga pindah ke mana2, dan di sini sy dapet hidayah sy mulai pake kerudung, walaupun dengan begitu sy harus merelakan mimpi sy buat maen pilem harpot walaupun cuman jadi yang ada di meja makan besar dan ngomong dikit aja yang penting maen di sana sama jadi pemaen pilem twilight jadi were wolfnya walaupun cuman numpang muncul aja trus seterusnya jadi serigala, atau mimpi gue buat jadi kayak Agnes Monica yang punya badan berotot sama jadi penyanyi internasional. Sekedar info sy pernah bercita-cita duet sama Josh Groban (Ya ampuun hei, kenapa kamu ini).
Nah setelah pake kerudung gue mulai rajin dikegiatan SMA, sy jadi Heidi yang baru yang ga sinis lagi, yang mencoba untuk menjadi orang berguna dan bercita-cita menjadi dokter yang nntinya pergi ke papua, ke Palestina atau ke tempat lain yang butuh tenaga medis secara gratis jadi relawan gitu.
Di sini sy mulai menemukan sahabat, ada 2 kubu satu yang dari kelas X: karin, trisna, nur, umy. Satu lagi yang dari rohis : tria, alpa, syipa, wita, aiai. Nah di sini sy mulai gaul walaupun tetep cupu. Bangga juga punya sahabt, contoh nur yang kenal ama geng motor terkenal di bandung, ya you know lah anak gaul bandung, dan umy yang juara 1 atau ga 2 paralel. Sy juga sempet ngegym bareng aiai dan kesasar di bandung pulangnya, ampe mama nangis, ampe Alfa nangis dan khawatir aku diculik orang. (hehehe, piss mama piss Alfa makasih uda ngekhawatirin Heidi :’) )
Sy juga ikut mentoring sama taekwondo, dan muncul lah rasa cintaku pada alam ketika ada camping bareng sama anak2 taekwondo se bandung. Ah rame banget rasanya.
Yang sy ingat waktu SMA:
1.     Punya temen satu mimpi buat belajar ke luar negeri, cc: Wita
2. Udah ga terobsesi jadi artis luar negeri lagi, tapi masih pngin jadi penyanyi
3.      Mulai sering bolos
4. Rekor SMA juara ke-2 setelah Billy, 10 kali telat dalam 1 bulan. So annoying
5.    Mulai suka baca buku fantasi macam the Host, Eragon, Wicked Lovely, dan lainnya
6.     Ngerasain yang namanya sahabat sebenar-benarnya
7.     Mulai bisa bekerja keras dan meraih mimpi untuk masuk FK
8.  Tetep cupu, gahul di kelas sama anak2 bandung banget (efek duduk dibelakang) yang waktu itu mereka suka nongkrong di warkop alis warung kopi. Nah, karena deketnya sama bangku-bangku tuh orang akhirnya sering kali lah bersosialisasi sama mereka, sampai2 sering makan seblak bareng waktu gada guru. Sering bercanda ga jelas juga sama mereka. Terus jadi bandar contekan, maksudku hasil jerih payah tulisan gue mereka contek. Nah di antara mereka ini, sy yang paling jarang gahul ya you know lah cupu. Ini semacam simbiosis mutalisme yang agaknya sedikit parasitisme dengan korban sy. Trus kalau gahul sama anak rohis, sy yang paling dikit ilmunya, yang ngomongnya pake lo gue, atau sering nyeletuk pake bahasa inggris khas anak sma yang gw sesali pernah gue ucapin. Dan disimpulkan bahwa tetep cupu di antara mereka.
9.       Mulai menemukan tujuan hidup untuk jadi orang yang berguna
10.   2 kali pulang kemaleman lebih dari jam 10 malem
11.   Mulai ngerawat wajah yang berjerawat
12.   Mulai aktif diorganisasi
13. Pernah nyoba bikin novel fantasy tapi belum selese gara2 baru 24 b    halaman dari 250an halaman yang ditargetkan
14.   Tulisan dimuat di majalah Student Globe, semacam majalah buat anak       SMA yang pake bahasa Inggris
15.   Mulai kenalan sama banyak orang bule
16.   Mulai punya selera sastra walau masih jelek banget
17.   Mulai mau membaur dengan musik2 yang lagi ngehits (karena waktu itu sy suka lagu-lagu klasik, yang menurut sodara sy kayak ibu2) (baca: semacam A. Botelli (semoga gasalah org); Josh Groban, Mozart, atau ga Bethoven)

G.     KULIAH
Ah, kuliah suka banget bahasan yang satu ini. Sy masuk disalah satu PTN dari hasil SNMPTN tulis jurusan Kedok, Alhamdulillah mimpi terwujud walaupun ga di UGM. Di sini, sy menemukan banyak orang yang bermanfaat, berintelegensi, bermoral, berbudi pekerti, dan berbahasa ngapak. Di sini sy sama temen2 seangkatan dituntut harus kompak, dan sy merasakan banget kekeluargaannya. Ah, sy sayang sama hypoglossus (nama angkatan). Nah di sini sy juga mulai ga cupu lagi, walaupun masih tetep cupu.
Di masa kuliah ini sy yang masih semester 3 ikut 3 organisasi: Osipital (mapala), HMMK (rohis), sama HSC. Sy juga mulai berbaur sama orang banyak, maen ke beberapa fakultas, dan ketemu ama mas2 berambut gondrong. Sy menemukan banyak pelajaran di kota tmpt sy kuliah, yaitu sebut saja puerto rico. Sy juga mulai suka hang out dan prestasi paling keren sy bisa naik MOTOR!!! (Backsound : We're the champion)
Yang sy inget di masa Kuliah (sampe semster 2):
1.       Pulang jam 4 pagi, waktu kerja kelompok buat ospek
2.       Sering pulang kemaleman
3.       Jadi nebengers sejati
Fit, anterin doong
Mas mas, nnti pulangnya nebeng yaa
Mbak bawa motor kan? Nnti nebeng yaa
Bil, anterin ke kosan yaa
Tom, mau pulang? Nebeng yaa (klo sama anat ranger)
Ted, anterin pulang ya (klo sama panita ospek)
Dav, anterin ke kampus yuuuk
Fi, nnti pulang bareng yaa
Dek bawa mobil? Nnti abis praktek lapangan anterin ke kontrakanku yaa (klo lagi PL)
Dan masih banyak lagi. Biasanya sy ngomong gitu sambil senyum2 gimana gitu, dan biar orangnya kasian, sy kasih senyuman terbaik.
4.       Belajar pake motor
5.     Camping pake tenda di batu raden, menyadari sosok bijak dr. Osi yang    hanya hadir pada malam hari.
6.    Dipertemukan oleh om yang hilang, yang sekian lama kami dipisahkan    akhirnya kami bertemu jga (backsound: lagu2 sedih gitu) (cc Om Afif)
7.       Suka tidur di kampus orang
8.   Di juluki cewek karir ama ketua kontrakan gara2 pulang pergi lagi, pulang pergi lagi
9.     Di juluki putri solo, karena mandinya lama
10. Jadi moderator di DK 3 BHL dan berharap dapet A, tapi naas enggak!
11. Mulai mengalami penurunan kinerja di bidng akademisi (akan segera ditingkatkan kembali)
12.   Mulai menghilangkan kecupuan
13.   Mulai suka senyum dan gak judes lagi
14.  Masih bermimpi belajar di luar negeri, tapi meninggalkan mimpi jadi    artis ataupun penyanyi
15.   Jadi anggun alis anak gunung
16.   Punya senior yang kece-kece (cc: senior osi :*)
17.   Mulai rajin ngeblog
18.   Dan sekarang lagi garap novel lagi yang bukan fantasy, hahaha. Semoga yang ini beneran. Yap, pingin jadi author gitu lah, hahaahha, aduh banyak kepingin kan.
19.   Terobsesi bikin dan jadi presenter The Doctors Indonesia, cerita dikit the Doctors ini sebuah program tv yang di presenterin ama 4 dokter: 1 cewek, 3 cowok. Sy bahkan udah mencocokkan kakak tingkat gue buat jadi mcnya juga (aduh maaf ya mas maaf, cc Mas Edi sama Mas Kaka) hahaha, monggo yang 1 lagi siapa yang mau. Hahaha. Gue juga pernah latian jadi presenter di kamar mandi. Memalukan, haha
Welcome back, di The Doctor Indonesi bersama saya dr. Heidi
Saya dr. Edi
Saya dr. Kaka
----------------
Oke, sebelum membahas yang satu ini kita saksikan dulu tayangan yang satu ini
Kali ini kami mengundang dokter spesialis bla bla bla
Thanks for watcing!
20.   Menyadari bahwa passion itu perlu dan niat itu harus di benerin lagi.
21.   Menemukan sahabat-sahabat yang setianya minta ampun, baiknya luar biasa, semoga Allah selalu melindungi kalian yaa. Terimakasih sudah setia sama orang yang ribet tapi lucu ini :’)
22.   Mulai pede dengan keadaan sendiri, dan sering mendeklarasikan bahwa dirinya lucu
23.   Jadi bahan kecean beberapa mas-mas suka ngece di kampus dan di luar kampus
24.   Pingin jadi sahabat yang berpengaruh baik dan bisa ngajarin yang baik-baik. Pokoknya pingin bisa berbaur ke mana aja tapi ga melebur, pingin bisa jadi warna diantara sekian banyak warna khidupan tapi gak terwarnai, ya gitulah, jadi orang supel tapi keep istiqamah :’)
25. Sahabat karib : Fita (kemana2 selalu bareng sama dy, curhat, nangis, ketawa, ngutang, nebeng, nasehatin, numpang tidur, tidur di kelas, duduk di kelas sama Fita :*); Rima (ibu kalau di pwt)
Yah, sekian cerita 19 tahun kebelakang kehidupan saya. Semoga Allah mengizinkan saya untuk hidup berpuluh-puluh taun lagi. Aamiin. J Dan terimakasih banyak untuk para sahabat, guru, dan saingan tak lupa kedua orang tua dan adik centilku yang tersayang. Betapa beruntungnya saya bertemu dengan kalian semua.

Suatu malam yang aneh,

Saya memang ga terlalu cantik tapi pretty cute kan? hahahaha


Hdm

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

.

 Assalamu'alaikum, Alhamdulillah masih ada waktu walau sedikit untuk menuliskan semua gundah gulana di hati (cielah). Ternyata setelah 1 tahun setelah berada di tempat yang asing, hari-hari terasa lebih cepat berlalu dibandingkan 1 tahun pertama. Aku yang sudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar (sapi yang berkeliaran, sampah yang harus dibakar, atau cuaca yg berubah-ubah seperti hatiku yang berubah-ubah). Aku jadi lebih enjoy dan lebih pasrah menangani pasien yang attitudenya membuat sakit hati (gak semuanya ya), menghadapi ketokan-ketokan maut yang bikin kaget, sabar menghadapi perawat atau bidan yang sering miss komunikasi denganku, atau menghadapi orang-orang yang unik. Semuanya menjadi lebih baik lagi setelah aku memutuskan untuk praktek di apotik teman, yang kemudian mengantarkanku mengenal banyak orang yang ternyata asik. Kegiatan-kegiatan IDI juga membuatku lebih bersemangat belajar. Ternyata berkenalan, sharing, dan saling konsul dengan teman sejawat itu bisa menjadi mo

Mencoba hidup sehat versi Heidi 2

Setelah 1 tahun menjadi vegan dengan cheating day ku sehari setiap minggu. Aku akhirnya memutuskan untuk kembali menjadi manusia omnivora, alasannya karena ditempat ku tinggal sekarang, jenis sayuran sangat terbatas dan sulit untukku memenuhi kebutuhan gizi ku. Anyways aku akan tulis tentang beberapa penelitian mengenai vegetarian di next tulisan blog ku. Oiya, vegetarian dan vegan itu beda ya. Vegetarian adalah hanya makanan sayur (plant-based) dan tidak makan hewani, contoh daging ayam, sapi, ikan tapi masih mengonsumsi makanan-makanan yang asalnya dari hewani, contoh telur, susu, keju, madu. Nah kalau vegan tidak mengonmsi makanan jenis apapun yang berasal dari hewani. Kesimpulanya vegan hanya makan sayur dan buah-buahnya saja.  Kalau aku sendiri pengalaman jadi vegan itu benar-benar mendetok tubuhku. Nafsu makan sama makan-makanan receh pun berkurang dratis setelah memutuskan jadi vegan. Tapi, berat badan bukan lagi jadi tujuan utama. Karena kalau fokus sama BB kita hanya fokus sam

Mencoba hidup sehat versi Heidi

 Assalamu'alaikum,  Akhir-akhir ini masyarakat sudah banyak yang sadar dan "mencoba" pola hidup sehat, terutama di daerah perkotaan. Alih-alih ingin sehat, turunnya timbang badan juga merupakan tujuan utama orang-orang mengubah pola hidupnya. Sejak tahun 2018 begitu pindah dari kota belajarku tercintah (Purwokerto) ke Jakarta. Aku mengalami perubahan dratis pola makan, menjadi sangat tidak sehat. Minuman boba, es kopi ala2 kenangan masa lalu yang suram, atau fast food yang tinggal kepeleset dapet membuatku kalap. Dari yang setiap minggu lari sore menjadi setiap minggu minum boba dan makan gorengan, Berat badanku yang masih di angka 50an melonjak dratis ke angka 60an. Sampai-sampai masalah jerawat yang sudah solved tiba-tiba muncul lagi dan muncul berbagai macam alergi kulit lainnya. Antibiotik yang awalnya fine2 aja tiba2 bikin alergi. Sampai pada akhirnya tubuhku memborantak, luka kecil di kaki berubah jadi eksim parah yang menyerang seluruh tubuh, sampai banyak yang men