Skip to main content

Tips: Buat para perempuan pendaki

Mau bagi-bagi pendapat sedikit nih, brhbg punya status mapala, rasanya ga afdol kalau gapernah basgi-bagi tips, terutama buat para cwe nonmapala yg pingin naik gunung. Hmm, mngkin krg bermanfaat buat yg track record naik gunungnya udah banyak, (da gw ma apa atuh baru naik 4 gunung doang).. Tips ini aku khususkan buat para ciwi2 yg pasti bakal lebih rempong dr cwo2..

1. Persiapan sebelum kamu naik gunung

Lat fisik, ini penting loh apalagi buat kamu yg jrg olahraga dan newbie dalam hal pendakian. Terutama yg mau naik gunung2 diatas 3000mdpl (klo aku sih rekomen yg lgsg diatas 3000mdpl aja). Oiya pentingnya lat fisik ini buat pembiasaan kamu saat naik, kayak heart rate atau detup jantung kamu, respiratory rate atau banyak nafas permnt nah kedua hal ini pasti naik klo gapernah lat fisik bakal lama adaptasinya apalagi perbedaan tekanan, suhu, sama O2 di gunung ini beda sama di daratan rendah. So girls, prepare yourself yah!


2. Bawa make up secukupnya aja, haha

- Nah ini nih yg paling penting buat para perempuan yg gabisa lepas dr make up, buat naik gunung gausah bawa fase wash (biasa diatas minim air) jd lebih baik bawa toner yg bisa sekalian bersihin muka kmu. Contoh nih  Pixy purifying cleansing express atau Clean and Clear yg essential oil-control toner yg biasa aku pake. Jangan lupa bawa kapas yaa. Dgn pake ini kita bisa hemat air dan lumayan bersihin kotoran diwajahmu jg kok. Oiya aku pake ini pas mau jalan, abis jalan (stlh bikin tenda), mau muncak, dan mau turun.

- Lipstick, hmm ini nih, haha buat para cwe diatas 18yo biasa gajauh2 dr namanya lipstick, lipstint dan sbgainya. Menurutku sih, gausah diaplikasiin pas kmu naik, ntr juga ilang kecuali kmu niat bgt pake yg berat2 alias longlasting. Aku recommend lipbalm aja yg ada spfnya ,boleh lah yg ada warnanya, kalau aku biasanya pake pelembabnya oriflame yg applicable ke mana2, tp pas naik Slamet ak pnjem niveanya mba Zhita (krn dia ada spfnya). Jgn ketipunya ama dingin dan keringnya gunung, sedingin2nya gunung (apalagi dipuncak) matahari lgsg trpapar ke kulit kmu, jd jaga kulit terutama bibir yg rawan kering.

-sunblock, nah ini nih yg biasanya aku jrg bawa. Lebih baik sih klo naik kmu balurin dlu sunblock atau lotion yg ada spfnya apalagi sblm muncak. Ada baiknya jg dimuka (tp klo kmu yakin muka kmu uda bersih ya, rawan jerawat sih).

-Bedak, seriusan mau pake bedak? Hmm, klo aku sih ngga, walaupun itu loose powder, lebih baik bawa bedak bayi aja, klo aku alasannya jg bukan buat bedakin muka tp buat pengganti deodorant (hahaha, fyi gw gabisa pake deodorant jd slama ini pake bedak bayi) hehe. 

-alat mandi, cukup bawa sabun cair buat cuci klo uda turun, sikat gigi mnrtku gakepake jg, dibasecamp ini udaranya dingin banget bak aja uda males bgt, apalagi sikat gigi. Jd mending bawa mouth wash aja (klo aku sih lebih suka yg non alcohol).


3. Gausah naik gunung kalau peralatanmu galengkap

Ini bukan berarti kita harus punya loh ya, pinjm atau nyewa juga boleh. Tapi pliss, jangan sampe gabawa senter, SB, jaket, sama sepatu. Aku ga rekomen naik gunung pake sendal, menurutku yang emang masih ecek2 ini, naik gunung pake sendal gunung sekalipun itu ga safety. Anak-anak mapala yang emang tahu cara naik gunung yang bener pun pasti pada pake sepatu. Jangan takut bau kaki, daripada jatuh mulu gegera licin, atau kalau hujan kedinginan gara2 pake sendal doang! Senter atau headlamp juga sama pentingya, walau ganiat jalan pas gelap tapi, setidaknya pas ngecamp kamu bakal butuh ini! SB sama Jaket ini harus dibawa! Gunung itu dingin, seriusan mau pas lagi musim kering atau hujan, gunung itu DINGIN. Oiya satu lagi ponco atau jas ujan, walaupun kemarau hujan masih ttp loh diatas, walau cmn rintik2 doang jadi bawa ya girls~


4. Baju

Kalau lagi musim kemarau cukup bawa bekel 2 baju 1 celana, dan 2set daleman buat ganti (sory vulgar) itu udah lebih dari cukup kok, aku malah bawa 1 baju 1 celana doang. Niatnya pas tidur ganti baju bersih pas jalan ganti lagi pake baju yang tadi (tapi akhirnya tidur dan jalan pun tetep pake baju itu) hahahaha. Kalau musim ujan, baju bekel 2-3, celana 1-2, intinya ganti baju seperlunya aja. Tapi, kalau uda kedinginan, mau tidur dan baju kamu basah hukumnya wajib ganti yaa! rawan hipotermi!!


5. Peralatan tambahan plus plus

- Kalau aku dan pendaki lain juga biasanya bawa (masker sama sarung tangan) kaos kaki bukan tambahan loh, dia ma wajib fardu ain dibawa (kan pake sepatu). Nah ini jadi alasan aku kenapa jarang pake sunblock berhubung aku kerudungan juga, tangan sama kaki aku otomatis ketutup baju, sdangkan muka sama jari2 aku tutupin pake sarung tangan. Kalau aku sih dr awal naik uda pake masker (nutupin gigi yg gakuat dingin) tips tambahan buat pake masker, aku lebih suka pake masker kain yg dijual dialkes (harga 4-5k aja) yang diiket kebelakang, kalau naik pasti ngos2an tuh kdg2 masker bikin kita makin susah ngirup O2, jd biasanya kalau uda mulai ngrasa pengap maskernya aku kebawahin sampe lubang idung kebuka (biar mulut tetep terhindar dari sinar matahari) hehe. Kalau sarung tangan aku pake pas mau muncak atau jalan dini dari, kenapa pas muncak karena di puncak itu matahari nya terik bgt, jadi buat ngelindungin tangan juga, kalau dini-pagi hari itu juga dingin banget, bisa sih kamu masukin tangan ke jaket tp gerak jalan kamu jd lebih limit dibandingkan pas tangan kmu bebas (alias gadimasukin ke jaket)

- Alat shalat, buat muslimah jangan lupa shalat tetep harus jalan terus, walau kamu harus shalat diantara bebatuan

- pembalut, nah ini nih penting buat paa cwe yg lagi atau ga lagi, pokokny harus siap sdia kalau si doi datang tiba2

- tissue basah dan tissue kering, ini penting looh. Apalagi buat BAK, sukur2 jgn sampe deh BAB, sebagai perempuan kita harus management banget pola minum sama makan kita, jgn sampe kedikitan atau kebanyakan. Kalau bisa BAK 1-2 kali aja buat perjalanan 2 hari, mau gamau namanya digunung kalau BAK kita harus cari semak2, hati2 sama para pendaki yg tiba2 muncul yaa. Oiya lebih baik pake tissue basah khusus perempuan aja, sekarang kan udah banyak tuh. Habis pake tissue basah, langsung dikresekin ya terus dibawa turun, jangan dibuang loh yaa, pliss jangan buang sampah sembarangan. Tissue kering penting, buat ngusep keringet (biar gabiang keringet) sma ngelap setelah kamu makan, jadi pendaki yang rapih ya habis makan dibersihin dlu, jangan lgsg dipacking ntr bau kan ga oke.

- Perfume tissue, nah kalau aku sih biasanya bawa ini 1-2 buah, buat nyegerin badan abis jalan, biasanya pake ini setelah tenda jadi. Kalau males bawa juga bisa pake tissue basah, seenggaknya walaupun ga ganti baju aku usep semua keringet ditubuh (karena keringat ini awal dari segala bentuk gatal, dsb). Kenapa pake perfume tissue, karena wanginya yg nyegerin jadi abis itu jg gausah pake parfum lagi

- Parfum, penting nih haha biar ga bau keringet, walaupun kalau lagi naik bau keringet itu ga kecut2 apek kayak klo kita abis olahraga tapi biar tetep rapih sama wangi bolehlah bawa parfum (gausah yg mahal2 juga, kalau tumpah berabe) beli aja yang murah sama kecil pokoknya jgn sampe menuhin tas kamu deh, toh ini gapenting2 banget. Kalau aku biasanya pake parfum "mahal"nya aku, haha aku pake eskulin splash college yg snow white yang ukuran paling kecil harganya cuman 6k doang kok, dan baunya jg lumayan lama buat ukuran splash college. Oiya yang biasa pake deodorant juga bisa lah bawa, pake aja axe atau adidas deodorant semprot, bawa yg kecil aja biar gamenuhin tempat.


6. What I did after ndaki..

- Kalau aku abis daki, biasanya langsung mandi pake air anget. Enak banget deh beneran, air anget ini bisa bikin kamu releks, oiya jgn lupa keramas, kalau aku keramas ya pake air dingin (belum nemu literatur bagus atau enggak mandi pake air anget tapi keramas pake air dingin) alesanku gapake air anget, karena ternyata air anget ini gabagus buat akar rambut kita. 

- Cuci muka, ini nih penting setelah ga cuci muka beberapa lama, sambil mandi aku cuci muka pake face wash yang biasa dipake. Aku juga langsung nge scrubbing. Kalau aku berhubung jerawatan dan minyaknya buanyak pak banget, aku pake facewashnya Himalaya sama scrub nya, abis itu setelah mandi dan pake baju bersih aku langsung maskeran, hehe. Aku pakenya masker Japra, buat nyembuhin jerawat, berhubung kulit wajahu yang sensitif dan aku yang ga ikut perawatan di dokter manapun, abis jalan2 pasti aku rada rampong kaya gini nih.

- rendem kaki pake air anget+garam, nah sambil nungguin masker nyerap, kalau abis ngecamp atau naik aku demen masukin kaki ke air anget yang udah ditambahin garem, relaxing banget looh, terus kotoran2 di kuku kaki juga jadi gampang ilang, hehehe. Manjain kaki kamu yang udah bekorban banyak demi kamu boleh dong yaa~




Hmm, segini aja dulu deh tips dari aku, mungkin kalau ada yg mau nambah atau nyanggah boleh, ntar kalau ada tambahan insyaAllah di update. Buat peralatan lainnya sama aja kaya pendaki gunung lainnya, kaya kresek buat ngeresekin semua barang, alat minum makan, dsb. Yang pasti karena kita cewek dan suka rempong (alias banyak banget barang tambahannya) kita perlu meminimalkan barang bawaan kita, karena pertama kali aku naik gunung sampe sekarang lumayan dratis pengurangan barang2 ga pentingnya. Gausah khawatir rempong, kan memang sudah kewajiban kita sebagai wanita buat jaga tubuh kita, jgn sampai gara2 hobi ndaki, kulit jadi kering dan ngelotok kaya ular ganti kulit. FYI, setelah terbiasa selalu pake masker dan sarung tangan saat naik, sekarang abis naik kulitku ga ngelotok2 gitu, alhamdulillah.

Aku sendiri sih bukan cwek yang punya kulit putih nan mulus, aku sawo matang dan punya masalah di kulit wajah. Tapi tetep harus usaha kaan, ahaha (sory curhat). Sebagai perempuan, kita harus strong ya girls! jgn sampai lemah, fisik boleh lah lemah tapi mental harus kuat, tapi inget jgn gengsian juga dibantuin cwo, sekuat2nya kita, kita masih butuh bantuan sesama dan lawan jenis loh. Eits, intinya jangan sedih ya jadi perempuan, Allah sudah mengistemawakan kita kok di surah An Nisa. Tetep kece badai ya girls :-*



Perempuan,



Hey

Ini oriflame yg kata aku aplicable ke mana2

ini nih lip balm pinjeman, tp bener loh bibir jd gapecah2 gtu (thanks to kakak Jita)

Pembersih wajah yg setia nemenin tiap ada kegiatan outdoor

Pernah coba pake ini tp ternyata ga cocok uda 2 tahun masih ada. Hahaha

Parfum mahal gw, hahaha








Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

.

 Assalamu'alaikum, Alhamdulillah masih ada waktu walau sedikit untuk menuliskan semua gundah gulana di hati (cielah). Ternyata setelah 1 tahun setelah berada di tempat yang asing, hari-hari terasa lebih cepat berlalu dibandingkan 1 tahun pertama. Aku yang sudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar (sapi yang berkeliaran, sampah yang harus dibakar, atau cuaca yg berubah-ubah seperti hatiku yang berubah-ubah). Aku jadi lebih enjoy dan lebih pasrah menangani pasien yang attitudenya membuat sakit hati (gak semuanya ya), menghadapi ketokan-ketokan maut yang bikin kaget, sabar menghadapi perawat atau bidan yang sering miss komunikasi denganku, atau menghadapi orang-orang yang unik. Semuanya menjadi lebih baik lagi setelah aku memutuskan untuk praktek di apotik teman, yang kemudian mengantarkanku mengenal banyak orang yang ternyata asik. Kegiatan-kegiatan IDI juga membuatku lebih bersemangat belajar. Ternyata berkenalan, sharing, dan saling konsul dengan teman sejawat itu bisa menjadi mo

Mencoba hidup sehat versi Heidi 2

Setelah 1 tahun menjadi vegan dengan cheating day ku sehari setiap minggu. Aku akhirnya memutuskan untuk kembali menjadi manusia omnivora, alasannya karena ditempat ku tinggal sekarang, jenis sayuran sangat terbatas dan sulit untukku memenuhi kebutuhan gizi ku. Anyways aku akan tulis tentang beberapa penelitian mengenai vegetarian di next tulisan blog ku. Oiya, vegetarian dan vegan itu beda ya. Vegetarian adalah hanya makanan sayur (plant-based) dan tidak makan hewani, contoh daging ayam, sapi, ikan tapi masih mengonsumsi makanan-makanan yang asalnya dari hewani, contoh telur, susu, keju, madu. Nah kalau vegan tidak mengonmsi makanan jenis apapun yang berasal dari hewani. Kesimpulanya vegan hanya makan sayur dan buah-buahnya saja.  Kalau aku sendiri pengalaman jadi vegan itu benar-benar mendetok tubuhku. Nafsu makan sama makan-makanan receh pun berkurang dratis setelah memutuskan jadi vegan. Tapi, berat badan bukan lagi jadi tujuan utama. Karena kalau fokus sama BB kita hanya fokus sam

Mencoba hidup sehat versi Heidi

 Assalamu'alaikum,  Akhir-akhir ini masyarakat sudah banyak yang sadar dan "mencoba" pola hidup sehat, terutama di daerah perkotaan. Alih-alih ingin sehat, turunnya timbang badan juga merupakan tujuan utama orang-orang mengubah pola hidupnya. Sejak tahun 2018 begitu pindah dari kota belajarku tercintah (Purwokerto) ke Jakarta. Aku mengalami perubahan dratis pola makan, menjadi sangat tidak sehat. Minuman boba, es kopi ala2 kenangan masa lalu yang suram, atau fast food yang tinggal kepeleset dapet membuatku kalap. Dari yang setiap minggu lari sore menjadi setiap minggu minum boba dan makan gorengan, Berat badanku yang masih di angka 50an melonjak dratis ke angka 60an. Sampai-sampai masalah jerawat yang sudah solved tiba-tiba muncul lagi dan muncul berbagai macam alergi kulit lainnya. Antibiotik yang awalnya fine2 aja tiba2 bikin alergi. Sampai pada akhirnya tubuhku memborantak, luka kecil di kaki berubah jadi eksim parah yang menyerang seluruh tubuh, sampai banyak yang men