Skip to main content

Baksoswil 3 part 1 lalalalala~~

Untuk kedua kali nya sy akan menceritakan cerita konyol, lucu, garing, dan berkesan dalam hidup saya. Hmm, oke nama acara ini adalah BAKSOSWIL 3 alias bakti sosial wilayah 3, jadi FK dari wilayah jateng ngadain baksos yg tuan rumanya UNSOED alias OSIPITAL yang paling KECE.. Di sini gw jadi LO dari ALERT UMY.. ..

HARI PERTAMA
1.  Bangun kesiangan itu... parah banget
Nah, hari itu tepatnya Sabtu, 22 Desember 2012 aku tidur jam 1 malem, niatnya mau sok keren kayak cerita2 kkak tingkat yang katanya klo tidur tuh biasanya lebih dari jam 12. Karena itu, aku sok2 bisa tidur jam 1 malem dan berencana bangun jam 5 pagi.  Ditemani dengan Inggit dan Rima aku tidur di kamar Rima. Jam-jam berlalu, dan tiba-tiba aku terbangun, dengan wolesnya merasa bahwa itu masih pukul jam 5an pas liat hp ---> wajah langsung suram, yg tadinya masih tidur langsung duduk, dan ternyata sudah jam 7 kurang 15 menit, padahal harus kumpul di sekre jam 7 pas. OMG :O, langsung aja sms temen.
  
2. Menjadi putri solo di saat yg ga tepat
Ini nih again and again, kebiasaan mandi lama dan pake kerudung lama *itu semua karena sy menikmati waktu2 senggang seperti mandi dan pake kerudung dengan hikmat, eits tapi ga senyum2 atau ketawa2 kyk iklan sabun mandi yg pada lebe* membuat sy semakin ngaret karena baru selese jam stgh 9. Karena kebiasaan gw yang mandi lama pake kerudung lama, di kosan gw dinobatkan menjadi seorang putri solo, awalnya sih bangga tapi lama kelamaan baru nyadar klo itu tuh sebenernya ejekan, bukan pujian. 

3. Berharap ketemu temen yg naik motor
Perjalan ke kampus tanpa kendaraan apapun selama ini membuat sy selalu berharap di sepanjang perjalanan kalau2 ketemu temen atau senior yang tiba2 berhentiin motor dan ngajak nebeng tapi nyatanya harapan sy pada hari itu ga terkabul, yah akhirnya yang uda dandan cantik2, siap2 mau jadi LO gatot alias gagal total karena baju dan wajah uda penuh dengan keringat akibat penderitaan jalan kaki dari kosan ke kampus. Oke, aku harus belajar motor!

4. Ketemu ama 2 delegasi UMY
Ini adalah saat-saat paling mendebarkan apalagi yg dateng pertama itu cuman 2 delegasi dan 2 2nya itu cowok. Harapan awal, mereka ini ga kece2 amat karena sy takut tremor atau diem gajelas ketika menghadapi delegasi yg kece. Di terminal bersama dengan mbak Zhita, sy mencari 2 mas2 yg menggunakan kemeja kotak2 sama baju warna merah. 1 menitan nyari akhirnya kita nemu tuh mas2. dengan pd nya kita jalan ke arah mas2 itu dan mas2 itu yg awalnya duduk langsung berdiri seakan2 tau klo kami memang yg akan ngejemput mereka. Tapi naas, tiba2 pas jalan dan beberapa langkah lagi nympe, dari samping kanan ada yg manggil dan ternyata itu adalah mba Nisa 2008 yg sekosan ama aku. Refleks aku sama mbak Zhita langusng balik kanan serentak dan basa basi dlu sama mba Nisa. Pas kita selese basa basi, kami melanjutkan langkah kami ke arah mas2 itu tapi ternyata mas2 itu uda pada duduk lagi dan aku bisa nebak pasti mereka malu *mungkin sih* estimasinya.. *ini perkiraan loh ya, tapi 80% ini mngkin ini yg terjadi*..
Mas2nya : wah, itu kyknya LO kita, ayo kita berdiri mereka udah mau deketin kita nih
LO : (jalan dengan pasti, namun naas tiba2 balik kanan dan ngobrol ama org lain)
Mas2nya : Oh itu bukan LO kita ayo duduk lagi.
Mas Wisnu dan Mas Haris maap yaaa.. hahaha. Yah, dengan perasaan bersalah aku dan mba Zhita langsung ngedeketi mereka. Dan akhirnya proses basa basi kami pun selese walaupun mbak Zhita banyak bantuin. Oh ya satu lagi, karena delegasi sy pada kelaperan BANGET akhirnya kita makan dlu, awalnya aku dan Mbak Zhita uda mengeluarkan berbagai macam basa basi yang maksudnya ini makan ga gratis ya bayar sendiri2. Eh taunya, mbak2 yang bagian pembayaran nyatuin pesenan kita, ini sebuah dilema aku mau bilang “mbak, bayarnya pisahin” tapi ga enak juga sama mas2 UMY yang disampingku, mau dibiarin tp kasian mbak Zhita nnti yang bayarin. Tapi, akhirnya dengan uang biru bertuliskan 50rb yg dikeluarkan oleh mbak Zhita, makan siang ini semuanya di traktir mbak Zhita. Untuk mbak Zhita : mbak, aku kan niatnya minjem tapi karena mas2 di traktir aku juga di traktir yaaa jadi gausah bayar. Hehehe :D

5.   Rok gw sobek
Ini nih, kebiasaan ga penting yang kadang2 datang begitu aja kalau lagi nganggur. Jadi gini, waktu mas Wisnu sama mas Haris shalat karena sy adalah LO yang profesional *hahaha, aminin aja deh* maka saya menunggu mereka di depan mushola. Karena pada saat itu gada orang sepi, entah mengapa tiba2 gw pingin lari2 ga penting sambil ngangkat2 kaki *nulisny aja gw ngakak* pas mau lari2 sambil ngangkat kaki menuju sekre tiba2 *sreeet* yaah, rok gw sobek. Aduh, sumpah nyesel banget ngelakuin hal kayak gitu. Akhirnya langsung lari sprint ke sekre dan ganti rok. Mana itu rok pinjeman lagi. Huhuhu, Yah, setidaknya gada yg liat kejadian konyol itu -_-.

6. Delegasi ke 2 bersama supir mas Hakim travel
Ini kocak banget, harus dicoba. Yang mau pulang ke daerah masing2 dengan menggunakan travel harus mencoba jasa travel yg satu ini travel mas Hakim dengan supir berpengalaman, bisa mendaki, gesit, kocak, cepat, dan kalau ketawa subhanallah sekali di jamin pasti perjalanan anda menjadi ½ dari waktu yang biasa nya. Ya walaupun mungkin pada awalnya anda akan mengira itu bus *dikarenakan cara nyetirnya mas Hakim yg kyk bapak2 supir bus besar kalau mau muter* selain itu juga jangan lupa kencangkan sabuk pengaman dan berdoa sebelum perangkat karena hanya Allah yg tau apa yg akan terjadi nnti.
Oke, segitu aja promosinya. Jadi gini, waktu jemput delegasi ke 2 itu sama aku, mas Ijal, dan mas Hakim. Saat kita uda sampai terminal aku heran sebenernya LOnya itu siapa? Kenapa mas Ijal malah langsung jalan cepet ninggalin aku dan deketin delegasi UMY tanpa ngajak2 aku. Sempet gendok sedikit, tapi gpplah yang penting aku uda ngecein mas Ijal di depan mereka. Hahahaha *AM macam apa aku ini*. Perjalanan balik ke kampus, ini parah banget aku di bully abis2an bukan hanya sama mas2 nya tapi sama delegasinya juga (mbak Moo, mbak Radatu, mbak Anita, Mbak Fadia, Mbak Berthi, Mbak Intan, Mbak Ulfi), mana minta dibayarin tiket pulang *OMG, baru juga nympe uda ngomongin tiket pulang*. Kyknya semua hal yang dikeluarkan oleh mulutku ini dijadikan umpan bagus buat mas Ijal dan mas Hakim ngecein aku depan mereka. Oke, mngkin ini yang dinamakan derita AM.

Di tempat baksos

7. Ada apa dengan delegasiku ini?
Aduh, di sini aku udah bisa liat kalau delegasiku yang kocak bukan cuman ceweknya tapi juga mas Wisnu kadang2 omongan dia itu bikin kesel tapi bikin ketawa juga, dan kadang2 sedikit menginterogasi. dan mbak-mbak temannya mas Wisnu pun sering bilang sama aku kalau mas Wisnu lagi ngomong sama aku.
kyk gini nih : "jngan didengerin dek", "dy emg kyk gitu dek", dll. Hahahaha

8. Heidi, kamu ngapain bolak-balik aja?
Malamnya sebelum penyuluhan, aku yg saat itu lagi gada kerjaan mondar mandir aja depan mas Wisnu sama mas Haris. Sebenernya itu tuh lagi bantu2in orang, tapi tiba2 mas Wisnu dengan santainya bilang,
Mas Wisnu : Dek, kamu ngapain bolak-balik aja?
Heidi : (tiba-tiba menghentikan langkah) hmm, engga ngapa2in mas *aduh, kenapa aku ini pake ngomong itu segala jadi keliatan kaga ada pekerjaan sama sekali kan mana masih malu2 lagi*
Mas Wisnu : Uda, sini duduk aja (nunjuk tempat duduk kosong diantara mas Wisnu sama mas Haris)
*ya sebenernya aku pingin duduk, pingin tidur malah, aduh tapi nnti berabe kasian kan panitia lain masa aku enak2 sndiri* oke akhirnya aku menolak ajakan duduk di situ. Nah, di sini mas Wisnu tuh uda kyk interogasi, aku pun lupa nanyain apa aja, yg pasti aku sedikit speechless di sini sampai akhirnya aku menemukan alasan yang pas untuk pergi dari kespeechlessan tersebut. Sebenernya aku juga masih pingin ngobrol2 apalagi waktu liat Fifi yang kyknya akrab banget ama delegasinya tapii. Kemampuan berbasa-basiku belum terasah dengan baik, yah dari pada malu2in nama osi dan Amnya akhirnya aku hanya bisa menjawab seadanya aja.

9.  Kecewa banget
Waktu itu mas Wisnu minta speaker dan mas Haris minjem baju pdh nya OSI. Sebenernya ni ya, aku tuh uda capek tapi karena tuntutan pekerjaan yang orang bilang profesionalisme akhirnya aku berusah keras sekeras2nya buat  nyari apa yang dibutuhkan oleh mas2 delegasiku yang kata orang2 kece tapi kata aku engga. Dan tau apa yang bikin gendok? Uda nyari capek2 uda kelimpungan, akhirnya diantara 2 benda itu gada yang kepake. *sedikit merasa wasting time sih*
Padahal aku uda gasabar ingin liat penanmpilan dari Alert, yah tapi... gajadi 

10. Waktu pembagian tugas
Nah acara ini lah yang menyebabkan makrab diperpendek waktunya. Huhu sedih. Lagi2 mas Wisnu bilang kalau aku jangan kebanyakan mondar-mandir mending duduk bareng aja dengerin mbak Ussy, okelah aku duduk. Tapi ini adalah sebuah kesalahan besar, sebenernya sih gpp tapi terkadang mas2 delegasiku ini sedikit mengkritisi jadwal dan lain2, sebenernya sih bagus bisa jadi bahan evaluasi yah tapi rada sedih juga walaupun wajahku terlihat senyum2 terus dari tadi tapi hatiku itu sebenernya hancur ketika mereka sedikit mengkritisi jadwal. Sampai akhirnya Fita dateng dan aku pun curcol..
Heidi : Fita... aku bingung ini harus jawab apa. Mas2nya uda pingin cepetan tidur nih
Fita : Aduh, entar ya aku tanyain dulu
Heidi : huhuhu...
Fita : Kenapa hei, keliatannya kok sedih gitu?
Heidi : iya emang sedih, aku bingung jawabnya nih
Fita : loh, kamu kok dari luar terlihat bahagia senyum terus
*Nah, ini dy kemampuan ku berakting sudah teruji secara klinis kan?* hahaha ini yang dinamakan profesionalisme kah? Hahahahaha. Tapi satu pelajaran yang dipetik dari hal ini, senyuman itu memberikan power pada diri sendiri walaupun kita lagi capek. Huu~~

Nah, ini hari pertama ku pas lagi BAKSOSWIL 3.. pengalaman pertama yang gokil, rame, bikin pusing, tapi berkesan banget. hahaha

Comments

Popular posts from this blog

.

 Assalamu'alaikum, Alhamdulillah masih ada waktu walau sedikit untuk menuliskan semua gundah gulana di hati (cielah). Ternyata setelah 1 tahun setelah berada di tempat yang asing, hari-hari terasa lebih cepat berlalu dibandingkan 1 tahun pertama. Aku yang sudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar (sapi yang berkeliaran, sampah yang harus dibakar, atau cuaca yg berubah-ubah seperti hatiku yang berubah-ubah). Aku jadi lebih enjoy dan lebih pasrah menangani pasien yang attitudenya membuat sakit hati (gak semuanya ya), menghadapi ketokan-ketokan maut yang bikin kaget, sabar menghadapi perawat atau bidan yang sering miss komunikasi denganku, atau menghadapi orang-orang yang unik. Semuanya menjadi lebih baik lagi setelah aku memutuskan untuk praktek di apotik teman, yang kemudian mengantarkanku mengenal banyak orang yang ternyata asik. Kegiatan-kegiatan IDI juga membuatku lebih bersemangat belajar. Ternyata berkenalan, sharing, dan saling konsul dengan teman sejawat itu bisa menjadi mo

Mencoba hidup sehat versi Heidi 2

Setelah 1 tahun menjadi vegan dengan cheating day ku sehari setiap minggu. Aku akhirnya memutuskan untuk kembali menjadi manusia omnivora, alasannya karena ditempat ku tinggal sekarang, jenis sayuran sangat terbatas dan sulit untukku memenuhi kebutuhan gizi ku. Anyways aku akan tulis tentang beberapa penelitian mengenai vegetarian di next tulisan blog ku. Oiya, vegetarian dan vegan itu beda ya. Vegetarian adalah hanya makanan sayur (plant-based) dan tidak makan hewani, contoh daging ayam, sapi, ikan tapi masih mengonsumsi makanan-makanan yang asalnya dari hewani, contoh telur, susu, keju, madu. Nah kalau vegan tidak mengonmsi makanan jenis apapun yang berasal dari hewani. Kesimpulanya vegan hanya makan sayur dan buah-buahnya saja.  Kalau aku sendiri pengalaman jadi vegan itu benar-benar mendetok tubuhku. Nafsu makan sama makan-makanan receh pun berkurang dratis setelah memutuskan jadi vegan. Tapi, berat badan bukan lagi jadi tujuan utama. Karena kalau fokus sama BB kita hanya fokus sam

Mencoba hidup sehat versi Heidi

 Assalamu'alaikum,  Akhir-akhir ini masyarakat sudah banyak yang sadar dan "mencoba" pola hidup sehat, terutama di daerah perkotaan. Alih-alih ingin sehat, turunnya timbang badan juga merupakan tujuan utama orang-orang mengubah pola hidupnya. Sejak tahun 2018 begitu pindah dari kota belajarku tercintah (Purwokerto) ke Jakarta. Aku mengalami perubahan dratis pola makan, menjadi sangat tidak sehat. Minuman boba, es kopi ala2 kenangan masa lalu yang suram, atau fast food yang tinggal kepeleset dapet membuatku kalap. Dari yang setiap minggu lari sore menjadi setiap minggu minum boba dan makan gorengan, Berat badanku yang masih di angka 50an melonjak dratis ke angka 60an. Sampai-sampai masalah jerawat yang sudah solved tiba-tiba muncul lagi dan muncul berbagai macam alergi kulit lainnya. Antibiotik yang awalnya fine2 aja tiba2 bikin alergi. Sampai pada akhirnya tubuhku memborantak, luka kecil di kaki berubah jadi eksim parah yang menyerang seluruh tubuh, sampai banyak yang men