Skip to main content

H+17 Back to reality

Assalamu'alaykum! arrrghh! OMG uda lama meninggalkan posko yang terasa seperti rumah sendiri, dan 8 bocah yang uda kaya saudara sendiri, bahkan jadi susah banget jaga jarak sama mereka, susah ngontrol omongan2 kotor, they sre my brothers and sisters now! 

Sedih banget juga karena kesalahan gue dalam memanajemen waktu, sehingga gue harus bolak balik purwokerto-bandung, dan segala hal sial yang terjadi di liburanku di bulan agustus ini. 

Okey, let talk 'bout our team and our KKN day,  Alhamdulillah dapat rumah yg nyaman, walaupun cowo2 gadapet kamar dan harus tidur di depan tv, (thanks to Asdan, Eja, dan Regi yang mau mengalah buat para cewe2). awalnya sih sempet batin juga klo tempat kumpul kita terasa kurang besar ga seperti yang dibanyangin sebelum ke sini, juga air yang ternyata PDAM (sumpah aku takut kehabisan jatah air cuy!!) tapi alhamdulilla so far setelah 33 hari di sini, air walaupun pernah hampir abis dan nunggu lama masih bisa mencukupi kebutuhan kami para pejuang KKN Pahonjean A. Dan ternyata di rumah ini banyak spot bat nongki dan rapat bareng, jadi kami ga pernah merasa sumpek! Yang sumpek sih paling di kamar karena yang sekamar ama gue, Dahlia dan Rahma habisin space kasur, Dahlia yang atletis tapi tidurnya subhanallah ke mana-mana tuh kakinya, Rahma yang emg ngabisin space dan aku yang kakinya selalu numpang ke badannya Rahma. Di tambah lagi Regi yang selalu masuk kamar cewek!!!!

Sayangnya lokasi kkn ku ini uda rada kota, jd rasa2 kknnya gitu kurang kerasa gimana gitu. Tapi setelah coba jalan-jalan ke bojongmeros mulai tuh tumbuh rasa2 pingin mengabdi, sayangnya ga kesampean bikin penyuluhan di sana, palingan ikuts posandu balita yang ada di sana, dan huft~ ternyata peralatan buat posyandu di sana ga selengkap di bandingkan dusun yang aku tempati yaitu, Bangunharjo, alhamdulillah tempat posyandu lebih lengkap timbangan juga ada yg uda pake yang canggih, bukan yg kayak ayunan gitu yang riskan banget klo tiba2 besinya copot kan ngeri juga.

1. Proker yang pertama kali jalan adalah proker gue!!!!
OMG, proker yang pertama kali bener2 kita jalani adalah prokerku, paginya ngajarin anak2 cuci tanan sama sikat gigi malemnya kasih penyuluhan buat warga ttg PHBS, DBD, sama sanitasi. Dan ternyata ngajar anak kelas 1 itu, CAPEK LUAR BINASA, sejam sekali ada aja yang tiba-tiba nangis, terus kalu ada yang ke wc ato buang sampah pada ikutan semua, belum lagi kalau kita ajari nyanyi sambil "injak bumi" malah pukul2 meja, gastress gimana lagi coba??? sampai akhirnya gue mengambil satu pelajaran. Entar kalau punya anak dan anakku maksud sd bakal gue bilang, "Nak, yang nurut ya ama ibu gurunya yak!"

Pas mau penyuluhan di SD tiba2 mertua pak RW meninggal pagi harinya Innalillahi wa innalillahirojiun) kita semua sempet takut kalo masy lebih tertarik buat ikut tahlihan. tapi, alhamdulillahnya karena Pak Kadus kami yang baik hati, yaitu pak Hamdi jadi penyuluhan tetep berjalan, yeay!

2. Ternyata mengajar itu susah!
Ternyata ngajarin anak-anak itu susah ntah biologi atau matematika, kadang2 mereka bukan pengen diajarin tp pengen dikerjain tugasnya *tepokjidat* jadi pikir2 lagi deh mau coba jadi guru les, tapi kalau ga belajar dr sekarang kapan dong gue jadi dosennya?

3. Dusun yang tertinggal
Alhamdulillah, bukan wacana aku sama Regi jalan2 ke bojongmeros, apalgi waktu first sight sama tempat itu wuuuuuy!!! nemu bangau2 gitu yang lagi di sawah, pokoknya pas mau magrib gitu asiiik deh. Suasana senja2 gimana gitu, terus ada bango2, sawah ijo2, terus ngelewatin jembatan kayu lagi (ini nih! yg bikin kerasa kkn nya). sayangnya bojongmeros ini jauh dari balai desa sama pusat kesehatan desa alias pustu dan bidan2, jadi mereka kesusahan kalau buat ngurus administrasi dan sarana kesehatan, makanya dusun ini jadi dusun yang paling tertinggal, dulu katanya mau ada pemekaran sama dusun desa sebelah (Mulyadadi sama Mulyasari) karena memang  tempatnya sama2 jauh jadi lebih baik dibikin desa sendiri, tapi sayangnya gak jadi. Btw, mereka masih pakai sungai loh buat jamban!! Harusnya ini nih, yang jado konsen kami sebagai mahasiswa KKN!

 4. Posdaya BudiAsih
Alhamdulillah kami khususnya yang bidang ekonomi memekarkan lagi sistik sama keripik temp buatan ibu2 PKK kece di desa kami. Lagi proses doain aja lancar!

5. Yang penyuluhan malah yang sakit
Rada kacau juga sih, banyangin gue yang penyuluhan ttg DBD, eh malah anak posko gue 2 org kena DBD. Berasa malu2 sama sedih gimana gitu, Tapi dari sini aku belajar banyak banget, baru perama kali ngelihat demam tapal kuda, neri epigastrium ec kenaikan enzim hati, sama ptekie2 gitu (thanks to Nita dan Dahlia, alhamdulillah kalian sudah sembuh btw kalian guru aku looh) hihihi

6. Gurame gratististis..
Kapan lagi makan gurame 2 ekor, gede, gratisan, dimasakin lagi? cuman ada dipahonjean A yang kormapoknya pintar membersihkan ikan dan meracik bumbu2, juga abang2 posko kita dan posko B yang pintar membakar api amarah  (thanks untuk abang Asdan, Regi, Rezha, Endrew, dan Toyip)!

7. Ketiduran
H : Gi, jgn nyubit aja dong sakit tau! ga enk badan nih mau tidur dulu!
G : (dengan wajah usil yang gamau diem)
beberapa menit kemudia
H : Gi, sakit tahu! (sambil neplak bahu Regi)
R : bangun Hei, itu disuruh pembicarannya
P: Ya, jadi pas saya ngmong jangan ada yang tdurnya
(dan semua mata tertuju pada gw dan Regi yang baru saja kena KDRT sama gw)

8. Adek lelah bang
Adek lelah bang, lelah banget. ampe dua kali pulang minta anter Rezha dan Regi yang alhamdulillah emg punya acara di pwt, ntah kenapa KKN kali ini terasa melelahkan 5 kali bolak balikp pwt, sampai apal jalan lumbir, ampe belok belokan juga uda lancar, ampe tahu belokan mana yg aku rada susah lewati, kasian sama gluteus dan uterus yang terguncang terus akibat jalan lumbir yang gasemulus wajah artis korea.

9. Pangandaran Beach
Pangadaraaaan!!!! yeay!! setelah 3 tahun ga kesana, dan ditinggal piknik kel besar ke sana, akhirnya ke sampaian juga ke pangandara, padahal hampir aja ditinggal ama ank2. So sweet banget deh mereka mau nungguin aku yang masih otw pwt-majenang cuman buat pergi ke pangandaran full team. Sayang banget deh sama kalian :-*
Walaupun di sana kita snorkling liat pasir doang, diintipin monyet pas ganti baju (ini serius), dan harus ngiri lihat posko mulyasari yang penuh dgn cinl** tapi bareng-bareng kalian, piknik, makan2, ama foto2 brg kalian is worth it ! Kangen sama kalian pake banget dah, kangen diomelin mulu ama kalian jugaaa~

Oiya pulangnya aku sama Regi duet bareng looh, kita berasa di cafe2 gitu nyanyi duo padahal di motor dan teriak2 uda kaya orang gilak!

10. Cinta satu malam
cinta satu malam kata koor. pdd (publikasis dekorasi dan dokumentasi) nya expo kkn, sekali2 aku rada berguna buat unsoed alias jadi panitia expo cilacap, sampe bikin2 banner+photobooth terharu gimana gitu akhirnya kemmapuan corel draw yang pas-pasan kepake juga. Akhirnya bisa sok2an moto sana-sini dan diminta fotoin ini itu sama org, aduh benar-benar cinta satu malam..

11. Pulang
LANGSUNG PRAKTIKUM COY!

Yang dipelajari Heidi :
- komunikasi sama orang-orang baru, hmm, ini beneran harus jaga mulut sama jaga sikap apalagi klo udah tua gitu
- belajar hemat air.. uwoo ini beneran deh, aku merasa bersyukur banget karena air di desaku terutama di poskoku baek2 aja, walaupun pernah dua kali hampir kehabisan air tapi air tetep ngalir dan tetep bisa mandi pagi sore, walaupun gitu gw coba belajar irit2 air, make air seperlunya aja
- dandan cepet, nah ini nih satu kelemahan gw yang gatau dr dlu gak bisa berubah, walaupun ga pernah dandan menor atau yg aneh2 entah kenapa kalau abis mandi ganti baju terus dandan lamanya minta ampun! lebih lama dai mandinya Laras. Tapi setelah KKN, entah kenapa aku kaget sama kecepatan berdandanku. Semoga tetep seperti ini deh
- Belajar kepo, kepo sama masalah sekitar, kritis2 gitu sama apa yang ada di daerah sekitar, itu kenaa alasanku kalau lagi jalan2 di desa bakal kayak anak itiknya Regi, ya karena diantara semuanya yg aku nilai pendekatan sama warga kepo2 masalah desa itu Regi, dan pikirannya paling kritis masalh pengabdian masyarakat juga dia. Jadi, klo jalan2 gitu aku bakal ngikutin dia, sambil nguping2 pembicaraan. (pingin tahu aja sih, apa aja yang ditanyain, mbok aku kudu belajar kalau2 jadi ppt di desa2 tertinggal kan cara pikir harus lebih kritis)
- Belajar makan apa adanya, I know you know what I mean
- Jangan jadi dokter bego! mark it!! setelah menjalani hari-hari asam manis selama 35 hari, aku bertekad buat jadi cadok yang lebih baik, max maret uda semhas, tahun 2018 uda jadi dokter dan lanjut sekolah specialis! pokoknya jangan jadi dokter bego yang bisanya nyelakain pasien.
(fyi dokter gada yang bego cuman kadang khilaf, namanya juga manusia jangan salahin yg khilaf ya)
janji buat anak posko : kalau Allah ngasih umur panjang, gw bakal jadi specialis!
Thanks to Bu Nunuk carik, bapak carik, Damar, Sekar, mbah yang selalu perhatian bikin teh, pak kadus Hamdi, pak Kades yang sempet2nya bikin acara perpisahan sama kami. We love you! semoga pahonjean jadi lebih baik, kece, rapih, dan menang posdaya (lagi)!


Alhamdulillah sudah hampir 2 minggu KKN selesai, and I miss them! tapi gw pesimis bida nongki2 sama mereka kayak bukber dlu, Hei kalian temen hidup 35 hari, baek2 yaa jadi orang-orang sukses nanti!!

Love youuu :-*


























Comments

Popular posts from this blog

.

 Assalamu'alaikum, Alhamdulillah masih ada waktu walau sedikit untuk menuliskan semua gundah gulana di hati (cielah). Ternyata setelah 1 tahun setelah berada di tempat yang asing, hari-hari terasa lebih cepat berlalu dibandingkan 1 tahun pertama. Aku yang sudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar (sapi yang berkeliaran, sampah yang harus dibakar, atau cuaca yg berubah-ubah seperti hatiku yang berubah-ubah). Aku jadi lebih enjoy dan lebih pasrah menangani pasien yang attitudenya membuat sakit hati (gak semuanya ya), menghadapi ketokan-ketokan maut yang bikin kaget, sabar menghadapi perawat atau bidan yang sering miss komunikasi denganku, atau menghadapi orang-orang yang unik. Semuanya menjadi lebih baik lagi setelah aku memutuskan untuk praktek di apotik teman, yang kemudian mengantarkanku mengenal banyak orang yang ternyata asik. Kegiatan-kegiatan IDI juga membuatku lebih bersemangat belajar. Ternyata berkenalan, sharing, dan saling konsul dengan teman sejawat itu bisa menjadi mo

Mencoba hidup sehat versi Heidi 2

Setelah 1 tahun menjadi vegan dengan cheating day ku sehari setiap minggu. Aku akhirnya memutuskan untuk kembali menjadi manusia omnivora, alasannya karena ditempat ku tinggal sekarang, jenis sayuran sangat terbatas dan sulit untukku memenuhi kebutuhan gizi ku. Anyways aku akan tulis tentang beberapa penelitian mengenai vegetarian di next tulisan blog ku. Oiya, vegetarian dan vegan itu beda ya. Vegetarian adalah hanya makanan sayur (plant-based) dan tidak makan hewani, contoh daging ayam, sapi, ikan tapi masih mengonsumsi makanan-makanan yang asalnya dari hewani, contoh telur, susu, keju, madu. Nah kalau vegan tidak mengonmsi makanan jenis apapun yang berasal dari hewani. Kesimpulanya vegan hanya makan sayur dan buah-buahnya saja.  Kalau aku sendiri pengalaman jadi vegan itu benar-benar mendetok tubuhku. Nafsu makan sama makan-makanan receh pun berkurang dratis setelah memutuskan jadi vegan. Tapi, berat badan bukan lagi jadi tujuan utama. Karena kalau fokus sama BB kita hanya fokus sam

Mencoba hidup sehat versi Heidi

 Assalamu'alaikum,  Akhir-akhir ini masyarakat sudah banyak yang sadar dan "mencoba" pola hidup sehat, terutama di daerah perkotaan. Alih-alih ingin sehat, turunnya timbang badan juga merupakan tujuan utama orang-orang mengubah pola hidupnya. Sejak tahun 2018 begitu pindah dari kota belajarku tercintah (Purwokerto) ke Jakarta. Aku mengalami perubahan dratis pola makan, menjadi sangat tidak sehat. Minuman boba, es kopi ala2 kenangan masa lalu yang suram, atau fast food yang tinggal kepeleset dapet membuatku kalap. Dari yang setiap minggu lari sore menjadi setiap minggu minum boba dan makan gorengan, Berat badanku yang masih di angka 50an melonjak dratis ke angka 60an. Sampai-sampai masalah jerawat yang sudah solved tiba-tiba muncul lagi dan muncul berbagai macam alergi kulit lainnya. Antibiotik yang awalnya fine2 aja tiba2 bikin alergi. Sampai pada akhirnya tubuhku memborantak, luka kecil di kaki berubah jadi eksim parah yang menyerang seluruh tubuh, sampai banyak yang men