Skip to main content

MER

Assalamu'alaykum lama tdk brjumpa lama tidak membuat tulisan ttg kegiatan ku yg kdg2 gak jelas. Oke jadi gini, tggal 7 dan 8 Feb kami, Aku, Fita, Fifi, Otongs, Opi, dan Miftah menjadi delegasi di MER atau Medical Emergency Rescue yg bertema Marine Incident di DIY dgn tuan rumah HUMERUS FK UII.

Aku bertolak dari Bandung menuju Jakarta dengan travel lanjut pswt sampai pukul 7 lebih tggl 8. Sdgkan Fifi, Miftah, Otong, dan Opi naik bus dr pwt pukul 5 pagi dan sampai pukul 9. Fita?? Jgn tanya dia tlt naik bus gara2 gak bangun padahal uda ditelpon berulang kali sana aku.akhirnya dr pada rugi 70kx5, Fita ditinggal sm yg lainnya dan nyusul pake bus juga dan sd jam 12 siang di terminal wates.

DAY 1

Hari pertama ini lebih banyak diisi dengan materi2 dr Basarnas dan juga dokter speciLis Emergency. Kita diajarin ttg Triage, yang terdiri dari Hitam, hijau, kuning, dan merah. Sama sarnya kita dijarin cara dan alur koordinasi mereka, dan beberapa teori ttg evak korban di air. Yang isi ada tiga org yg terdiri dari, bapak2, mas2 item manis, dan mas2 yang rame alias gak bikin ngantuk wktu ngasih materi. Hampir semua materi itu aku ketiduran!!! Gmn enggak cmn tdr 3jam tok.

Oiya jadi keingetan ada hal yg memalukan waktu ank Osi disuruh ke dpn kasih yel2, yel2???? Apaan kita gakpunya! Dan tdk menyiapkan apa2 cuy! Krn dipaksa akhirnya dgn sgt berat hati dan malu krna peserta yg tau klo gw jadi Komandan teriak", "Ayo komandan k depan!". Seperti yg kalian tahu aku gsuka klo jabatanku ini sebar2in. Yawis mau apa lagi majulah aku k dpn, dan k blkg lagi bikin strategi alias janjian sm ank2 osi mau jawab apa..
pas uda di dpn gw bilang, OSIPITAL trs mereka gajawab!!! Malah kebingungan dan itu embrassed moment banget!

ada lagi!! Pas bete gara2 ngantuk, aku yg emg kdg suka ceplas ceplos (kdg loh ya), secara involunter alias tiba2 ngelemparin pulpen yg abis dimainin tangan ke meja depan sambil ngomong, "bete!" Tertawalah ank Panacea dan Aorta yg ada di sblh gw mana mereka 2013. Aih malu bgt udah lbih tua nyandang status komandan lagi. Maapin ya komandanmu ini emg suka gitu.


Malemnya, kami sambil ngantuk2an (kmaleman krn sempet ujan) patihan praktek ttg triage dan alur koordinasi SAR. Trs dilanjut makrqb yg cmn sebntar krn kemaleman..

oiya sekilas ttg pantai ini, pesisir pantai menurutku agak kotor dan kurang tapi pemandangan sunsetnya kece badai!! Serius deh, baru kali pertama aku lihat langit indah banget, percampuran berbagai warna yg didominasi orange sama biru blm lagi awan yg kayak mendatangi kita gtu kayaknya awan sm kita cuman beda bbrp meter aja tingginya. Mataharinya juga bagus bgt, pokoknya keren deh. Itu kali pertama aku percaya kalau sunset di pantai itu oke!! ( walaupun pantainya gak bersih2 amat)


DAY 2

Ini adalah hr kedua sekaligus terakhir. Pagi hari stlh snack pagi kami diajari cara transport korban dgn tandu khusus kalau2 ada cedera spinal(baca: tulang blkg). Ada 3 org yg nyoba dr Alert Maladica sm Panacea, syg banget Osipital gak kebagian nyoba. Krn uda filing utk menyiasati itu sy akhirnya maju k dpn memperhatikan sec. Gmna sih caranya, memang rada ribet sih apalagi cara nali nya dan juga ngefiksasi kaki. Tapi insyaAllah bisa klo disuruh nyoba. Aamiin.

Selanjutnya adalah acara bermain2 ria, awalnya kel.3 dan 4 dlu yg maju (kel. 4 itu kel. Gw) baru juga mulai tarik tambang tiba2 si tali putus (mungkin gakuat menahan tenaga dr kedua grup ya notabennya apalagi kel. 4 itu gede2 semua badannya. Akhirnya kita ganti permainan jadi tebak kata ala2 eat bul*** gtu. Dan kel gw dpet "air gemericik asik" ya kali gmn cara pantonimnya, jelaslah kami kalah. Dan bukannya balik k barisan tapi kami malah bertengkar marah sy si pemantom dr kel kami krn meragakan kata "asik"nya wagu banget!

Dgn lapang dada dan malu permainan pun dilanjunkan sekitar 30menit kmudian tiba2 ada yg teriak "tolong2 ada yg tnggelam!!" Spontan kita semua lagi. "Hey tunggu! Kita bagi tgs dulu!" Kata seorg cowok dr panacea yg gw tau dia angkatan 2012. Oiya bodo banget, kaya org awam aja lgsg nyelamatin tnpa pembagian tugas. Akhirnya gw masuk jadi sru 3 yg triage bagaiam pesisir pantai.

Sambil lari2 dan dipaksa2 ama penduduk jadi2an (panitia yg brperan jd penduduk) akhirnya aku sama Ajai dan Fita mencoba utk merescue org yg ada di pesisir pantai. Di sana aku sempet dimarahin dan dipaksa2 ama penduduk jadi2an itu. Nah korban ini itu bisa ngomong sadar dan baik2 aja (lupa cek respiratory dan capilary refill) tp dia okok ajandan bisa marah2, triagenya wrna ijo dong?? Dan disuruh pindah dong? Tp dia ada lukanih dikaki trs gmn caranya pndh? Akhirnya aku menawarkan diri utk membopong dy tp si cowok luka jadi2an itu mlh blang, "emg kuat mba?" Yaenggalah!!! Cowo itu gede bgt tinggi dan berisi juga. Yakali gw kuat. Akhirnya aku minta tlg seorg cowok yg lagi nungguin tandu dtg smbil agak marah2 gtu. Abisnya kesel susau bgt diminta tlg toh itu tandunya juga ntr lagi dtg dan pasien ini sebelumnya uda ditanganin sm Ajay tggal tunggu tandu dtg. Akhirnya cowok itupun mau bopong dan pergilah sudah kedua lelaki itu, si cowok penolong dan cowok sakit jadi2an..

Lanjut angkatin pasien hitam alias pasien mati.. Walaupun gak gede2 amat dan juga cewek. Tp yg ngangkatin semuanya cewek, aku Fita, dan cewek lainnya, kamipun bbrp kali istirahat. Nah di sini brhbg Fita jadi komando krn dia ada di kepala pasien, hrsnya dia dong yg ngasih arah sm komando lah ini kok malah ada org yg ngasih komando (yg sama2 bawa si korban)
karena kesel aku sela org itu
"Fit fit kmu yg komando!!!" Sambil masang muka jutek.
"1 2 3 angkat" dsb
eh ga bbrp lama kemudia wktu mau istirahat di sela lagi sampai si korbqn jadi2in kasian krna dinaik turunin trs (maapin ya korban). Hampir mau emosi sih, atau uda emosi? Ya yg pasti ini pembelajaran kalau kita hrs sdar sama tgs masing2, mungkin kdg2 kita hrs jadi pemimpin atau mungkin dipimpin.

Sama halnya kyk aku sm Fita wktu dia jd pj milad aku ngikutin smua instruksi dia, sm halnya waktu aku jd pj diksar. Bahasa beratnya memimpin mengomanda atau mengintruksi itu "amanah" gak semua org dpt amanah yg sama, pasti beda2 dan di setiap tugas atau amanah itu kita punya tggg jawab yg besar, sm halnya kaya tim rescue yg brtugas sbgai komandan sru, ketua tim sar, atau pun komando saat ngangkat pasien. Kita hrs sdr sm posisi msg2, krna sang komando perlu org yg dikomandoi. Kita bagaikan pohon ada daun, batang, ranting, buah dan juga akar yg punya peran msg2. Pokoknya sama2 penting deh. Jadi intiny dalam setiap hal kita harus bagi-bagi tugas dan tahu peran masing2 itu apa. 

Apalagi disaat bencana kita hrs bener2 ikhlas bantu? Gak semuanya evak korban ada yg dibagian administratif, logistik, dll. Nah di MER ini kita dpt ilmu tentang koordinasinSAR gmn, pembagiannya tugasnya juga dmn.

Intinya capek ya jd org SAR evak2 korban.. angkat2 klo tandu tak kunjung datang. Ooh seharusnya turunlah berat badan eyke, syalalala *lari tarian hawaii*

Dan akhirnya MER pun selesei, walau lg2 ank osi pulang paling awal....


Di darat kita jaya, di laut kita istimewa!

Musculo at MER



Pose seksoi dlu dong

Narsis disaat2 sunset dulu

Ini dia perempuan sendiri eh laki-lako sendiri

Yeay! Jalan-jalan dulu sebelum balik

Ini baru bangun tidur








Comments

Popular posts from this blog

.

 Assalamu'alaikum, Alhamdulillah masih ada waktu walau sedikit untuk menuliskan semua gundah gulana di hati (cielah). Ternyata setelah 1 tahun setelah berada di tempat yang asing, hari-hari terasa lebih cepat berlalu dibandingkan 1 tahun pertama. Aku yang sudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar (sapi yang berkeliaran, sampah yang harus dibakar, atau cuaca yg berubah-ubah seperti hatiku yang berubah-ubah). Aku jadi lebih enjoy dan lebih pasrah menangani pasien yang attitudenya membuat sakit hati (gak semuanya ya), menghadapi ketokan-ketokan maut yang bikin kaget, sabar menghadapi perawat atau bidan yang sering miss komunikasi denganku, atau menghadapi orang-orang yang unik. Semuanya menjadi lebih baik lagi setelah aku memutuskan untuk praktek di apotik teman, yang kemudian mengantarkanku mengenal banyak orang yang ternyata asik. Kegiatan-kegiatan IDI juga membuatku lebih bersemangat belajar. Ternyata berkenalan, sharing, dan saling konsul dengan teman sejawat itu bisa menjadi mo

Mencoba hidup sehat versi Heidi 2

Setelah 1 tahun menjadi vegan dengan cheating day ku sehari setiap minggu. Aku akhirnya memutuskan untuk kembali menjadi manusia omnivora, alasannya karena ditempat ku tinggal sekarang, jenis sayuran sangat terbatas dan sulit untukku memenuhi kebutuhan gizi ku. Anyways aku akan tulis tentang beberapa penelitian mengenai vegetarian di next tulisan blog ku. Oiya, vegetarian dan vegan itu beda ya. Vegetarian adalah hanya makanan sayur (plant-based) dan tidak makan hewani, contoh daging ayam, sapi, ikan tapi masih mengonsumsi makanan-makanan yang asalnya dari hewani, contoh telur, susu, keju, madu. Nah kalau vegan tidak mengonmsi makanan jenis apapun yang berasal dari hewani. Kesimpulanya vegan hanya makan sayur dan buah-buahnya saja.  Kalau aku sendiri pengalaman jadi vegan itu benar-benar mendetok tubuhku. Nafsu makan sama makan-makanan receh pun berkurang dratis setelah memutuskan jadi vegan. Tapi, berat badan bukan lagi jadi tujuan utama. Karena kalau fokus sama BB kita hanya fokus sam

Mencoba hidup sehat versi Heidi

 Assalamu'alaikum,  Akhir-akhir ini masyarakat sudah banyak yang sadar dan "mencoba" pola hidup sehat, terutama di daerah perkotaan. Alih-alih ingin sehat, turunnya timbang badan juga merupakan tujuan utama orang-orang mengubah pola hidupnya. Sejak tahun 2018 begitu pindah dari kota belajarku tercintah (Purwokerto) ke Jakarta. Aku mengalami perubahan dratis pola makan, menjadi sangat tidak sehat. Minuman boba, es kopi ala2 kenangan masa lalu yang suram, atau fast food yang tinggal kepeleset dapet membuatku kalap. Dari yang setiap minggu lari sore menjadi setiap minggu minum boba dan makan gorengan, Berat badanku yang masih di angka 50an melonjak dratis ke angka 60an. Sampai-sampai masalah jerawat yang sudah solved tiba-tiba muncul lagi dan muncul berbagai macam alergi kulit lainnya. Antibiotik yang awalnya fine2 aja tiba2 bikin alergi. Sampai pada akhirnya tubuhku memborantak, luka kecil di kaki berubah jadi eksim parah yang menyerang seluruh tubuh, sampai banyak yang men