Skip to main content

N G O P I

Haloo, assalamu'alaykum... Alhamdulillah akhirnya gw bisa menginjakkan kaki di jogja bukan sbgai delegasi alias niatny emang mau silahturahim. Berawal dr iseng komen ig nya mas Azzam, akhirnya aku menemukan guide kece yg bersedia di susahin selama aku ke jogja (selain bukde ku). Siapa lgi klo bkn bg Ikram, temen seperjuangan PB.

Aku sampai Jogja tggl 3 jam 11 malam, hmm krn paginy iseng ngabari bg Ikram, akhirnya aku diajak main. Hehe (modus ngabari itu biar diajak main). Kita makan siang dl di kafe klotong jln kaliurang, trus malamny stlh istirahat di kontrakannya tmn bg Ikram kami cus ke salah satu tmp ngopi rekomendasi bh Ikram,there is Dongeng.

oiya btw aku ke sana brg tmn bru yg dikenalin ama bg Ikram, Ria sama Dita  They're good and friendly. Asik loh orgnya, btw di pt ngopi ini aku diijinkan sm bg Ikram buat nanya2 si barista yg mukanya familiar. Well, itu gara2 aku cerita sm bg Ikram klo aku rasa kopi2 yg kubeli itu rasanya sama. Dan sang barista ini mimik wajahnya seperti meragukan aku. Tapi, emg pantas diragukan sih, krn selama ini aku ngopi krn aku ngantukan. Dan kopi yg aku minum memang kopi item (yg belinya lgsg di pabriknya, bkn kopi2 yg diiklan loh). sehingga Stlh kopi mulai ngehits diminum ama org, aku jadi kepingin tau rasa2 kopi yg lain. Jd sebelum kopi ngehits, aku emg uda suka minum kopi.

Kopi yg kupesan ini, biji kopiny dr papua wamena. berhubung aku gasuka terlalu kental, aku pilih yg soft dengan metode pembuatan v60. btw buat kopinya sendiri bisa dibikin soft alias halus sama pekat. Klo yg soft dicenderung wrnanya lebih muda dr yg pekat. Papua wamena sendiri adalah kopi jenis single origin alias cmn di keringin doang. Ada jg yg lain yg pake metode, di rendam dlu, di karungin, dsbnya.

Sang barista bikin kopi di depan aku loooh. Uh, kapan lg bisa gtu sambil kepoin cara pembuatan kopi. Barista ini bilang klo kopi yg aku pesen cenderung punya rasa asam, fruity, dan ada manis2ny gtu. Sebelum aku mesen, barista ini nnya dlu, aku lebih suka yg asam, fruity, atau manis. Aku dgn polosnya bilang yg pahit, yaelah hei semua kopi ma pasti pahit keleus.

Waktu baristanya ngasih kopi ke aku, aku ga mau lgsg mnm kopinya, gara2 tkt salah cara minumnya. Hahahaha, ya klo kt bg Ikram sih diseruput pelan2. akhirya aku dengan lugunya nyeru  put pelan2! Well aku mengakui emg rasa kopiny beda sm kopi2 yg pernah aku minum. Sambil ngopi brg bg Ikram dan teman2, bg Ikram ngasih tau aku klo ada 3 hal penting yg bisa mempengaruhihi rasa dr si kopi ini
1. Petani
2. Roasternya
3. Baristanya
Dan aku rasa kopi di dongeng ini mempunyai semua 3 poin ini. Btw mrk juga punya roasting sendiri loh, dan di roasting di tmpt yg bisa kita lihat. Akhirnya trwujud jg cita2 ngopi di jogja. Bolehlah gw balik tmpt ini lagi lain kali, aamiin




foto menyusul.

Comments

Popular posts from this blog

Malam produktif

Assalamu'alaykum, hari ini aku telat bangun pagi lagi~~ I hate this situation.. tp gpp karena td malam aku baru menjadi kokinya anak kontrakan (y!) Magrib kemren aku yang baru bgn yg masih setengah nyawa gara2 ketiduran *lagi* diem ngelamaun depan kompi. Mbak Idon, yang sekiranya sedang bermood bagus bilang kalau mau bikin pisang goreng dari pisang yang dikasih sama bapak kontrakan tadi siang. Entah kenapa, tiba-tiba aku memutuskan untuk ikut serta dalam pembuatan itu. Akhirnya abis shalat magrib, eksekusi dimulai. Aku menjadi juru pembuat adonan, dengan tangan yang berotot aku mencoba untuk mencampurkan adonan tepung terigu dan gula agar tercampur merata yang ternyata rada susah. Tiba-tiba Rima datang dengan jagung rebus yang banyaaak! nah karena ibu Rima ini jago masak, ya akhirnya eksekusi penggorengan pisang goreng ini dilakukan sama ibu Rima. Karena ada jagung nganggur, aku yang punya tangan berotot kayak Agnes Monica (Aamiin) ditugaskan untuk mengerut jagungnya,...

Jakarta : Membuatku terlena, tapi aku benci

 12/16/2020 Assalamu'alaykum semua nya, lama tak berjumpa. Lama tak menyimpan cerita dalam sebuah narasi buruk mengenai hari-hari ku dan juga mimpi-mimpiku. Hidupku kini terlalu monoton terlalu mengejar target yang selalu terlambat. Sudah 2 tahun lamanya aku tinggal di ibu kota, banyak pengalaman dan hal-hal yang aku dapat disini. Mulai dari shock culture 3 bulan pertama datang di Jakarta. Belum pernah sebelumnya aku mengalami kesulitan adaptasi selain di Jakarta ini. Dulu, aku pikir aku termaksud orang yang "keras" yang tidak mudah tersinggung namun setelah datang ke Jakarta aku sadar mental ku tak sekeras itu. Menjadi orang baru Jakarta dulunya adalah sebuah tantangan. Menjadi diri sendiri sangat sulit waktu itu, menjadi orang lain apa lagi. Terutama di saat itu aku menjalani masa magang di departemen kandungan dengan orang2 lulusan UI atau setidaknya orang-orang yang memang tinggal di sana. Banyal hal-hal yang aku khawatirkan, terutama di nyinyirin. wkwkw. Karena pada ...

Basic Workshop Osipital 2013 / BMW 2013

Long time no see!! Well, Assalamu'alaykum wr wb.. Ah, sudah lama rasanya melupakan blog ini sejak masuk semester 3. DMS (baca: Dermatomusculosekeletal) done!! Akhirnya blok tersusah di semester ini berakhir juga, walaupun masih ada utang ident PA. Semoga aja Hypoglossus (Angkatan kami di FK Unsoed) lulus semua, terutama buat temen2 Reproku tersayang, Fita, Ayu, Fifi, Billy, Dessy, Bibah. Oke, kali ini aku mau cerita tentang workshopnya Osipital. Jadi workshop ini merupakan salah satu proker OSI yang diadain ga sampe 1 tahun sekali, kali ini dengan komandan kami, mas Cahya. Setelah 2011 lalu kami mengadakan acara ini, akhirnya di 2013 acara ini diadaiain dengan pemateri yang sama dr.Siswo dari BASARNAS. Apa itu BASARNAS, BASARNAS itu singkatan dari Badan SAR (oke SAR ya bukan SARS) Nasional.  Sebenernya menurutku acara kali ini diadainnya benar2 mendadak, kalau tahun 2011 lalu persiapan dari H-stgh tahun, kami cuman menyiapkan ini dalam waktu 3bulan dengan efektif 1 bulan...