Skip to main content

Lost in Bandung : Dago Pakar, lewati lumpur dan longsoran!

Lost in Bandung?? tunggu dulu, gw kan orang bandung?
yap, sebenernya lost-in orang yang di bandung, alias bikin nyasar tamu dari Jogja yang lagi main ke Bandung (cc: mas Azzam sang ketum PTBMMKI dan bodyguardnya yg bawain tasnya *sumpah beneran tasnya dibawain cc: mas Naufal sang staff Infokom)..

Mulai dari line ku yan bertuliskan "selamat ulang tahun mas, dsb" krn sang Ketua ini memang lagi ulang tahun looh waktu itu, tiba2 dia jawab "besok malem aku ke bandung". Rada kaget, bukan rada lagi tapi kaget banget belum pernah dpt tamu sebelumnya.

Akhirnya setelah bolak balik station Bandung gara2 kejar2 sama tamuku itu (jadi aku ke station ternyata masnya lagi di tones square, eh pas aku nyusul ke sana masnya uda di station lagi). Bermodal angkot aku menjemput mereka dan membawanya ke rumah nenekku, yang rada2 serem gimana gitu..

Petualangan pertama kami adalah ke Dago Pakar, dan di sana kita yang sok2an kuat tracking memutuskan untuk explore sampai ke curug Maribaya yang jauhnya hampir 5 km! Mulai dari ngelewatin lorong gua Belanda yang horor (dan di tempat itu pun mas Azzam dan mas Naufal sempet2nya debat masalah simpen mayat yg abis dipenjara sama org Belanda). Kayaknya mereka emg ga nyadar kalau ada org penakut yaitu AKU!

Ini foto selfie pertama kita dago pakar paling depan

ini di depan gua Jepang, FYI kita masuk ke sana cuman bawa 1 senter loh!! tempatna horror!




ini pemandangan pertama setelah ngelewatin gua Belanda, FYI ada monyet lucu banget!!

Nah, untuk ke curug dibawah ini harus jalan krg lebih 3 km dan harus ngelewatin becek dan longsoran! Bener deh ini kita nekat banget ngelewatin longsoran (dan kayaknya udah gak ada yang berani lwat sana) pas ngelewatin longsoran pun aku sempet ngebanyangin gimana kalau pas kami lewat longsorannya longsor lagi.. Hii.. jangan sampai !


Ini dia curug Lalay yang tinggal 1 km dari curug Maribaya

ga afdol kalau ke curug tapi ga ngerasain airnya, walaupun harus ngelewatin batu-batu tapi wajib hukumnya bersih2 tangan pake air sungai ini


FYI
1. Di sini sebenernya aku belum kesampean ke curug maribaya karena jam sudah menunjukkan pukul 17.00 sedangkan kalau ke sana masih jauh dan jalannya nanjak banget! Nah, jadi kami cuman main sampai ke curug Lalay aja. 
2. Buat ke curug Lalay ini turunnya terjal banget, harus ati2 kalau gak jatuh, kayaknya juga udah lama gak terjamah. Aliran sungai lumayan deres jadi harus rada ati2 kalau mau main air di sana
3. Sebelum ngelewatin tempat ini kamu akan menemukan gua Jepang, Belanda, sama ada Tebing Keraton. Aku sih sempet ke gua Jepang sama Belanda tapi gak nyoba tebing keraton karena udah kesorean
4. Di gua Jepang, bakal banyak banget yang nawarin sewa senter, 5rb doang sih tp cahaya juga ece2. Kita bertiga cuman minjem 1 jalan sendiri juga, terus tiba2 ada ibu2 diblkg ngikutin bentar sambil bilang temen anaknya ada yg kesurupan di sini. Nyebelin bgt kan? Belum lagi jalannya jelek dan mas Azzam yang megang senter beberapa kali kesandung. Lengkap deh horornya! tapi, tenang aja alhamdulillah gak ada apa2 kok. Struktur lorongnya juga ga paanjang ke dalam jadi kita gakan tersesat.
5. Bagi pejalan kaki (bisa sewa ojek kok! tapi mahal bgt, mending gausah!); untuk ke curug ini kamu harus ngelewatin lorong gua Belanda dulu loh!. Fyi, ternyata gua belanda itu sama jepang bisa dibeda looh dari stuktur guanya juga beda fungsinya juga. (tapi aku lupa) intinya kalau di sini gua Belanda lebih ke penjara, ruang intrgasi. Nak klo jepang itu lebih ke tempat barang2 gitu..
6. di sana ada kandang rusa juga! ada taman flora sama bbrp hewan. plus ada patung juanda, bisa tuh narsis2 di sana.

TIPS
1. Pinter nawar! dari jalan utama ke dago pakarnya itu gak ada angkot jadi harus naik ojek. Kalau waktu itu kita naik taksi dari ip (40,5k); pulangnya dari ke terminal dago naik ojel (3org, 20k, harusnya bisa krg!) terus lanjut naik kalapa-dago warna hijau turun di BIP deh!
2. jangan beli makanan di sana, mahal, hehe :-D
3. bawa minum yang banyak
4. pake sepatu treking klo emg niat ke curug jalan kaki, sayang klo pake ojek ga nikmatin alamnya
5. berangkat pagi biar bisa muter2 klo kesiangan gak bisa puas!
6. dll,

Yang gagal ke curug Maribaya

HDM




Comments

Popular posts from this blog

Malam produktif

Assalamu'alaykum, hari ini aku telat bangun pagi lagi~~ I hate this situation.. tp gpp karena td malam aku baru menjadi kokinya anak kontrakan (y!) Magrib kemren aku yang baru bgn yg masih setengah nyawa gara2 ketiduran *lagi* diem ngelamaun depan kompi. Mbak Idon, yang sekiranya sedang bermood bagus bilang kalau mau bikin pisang goreng dari pisang yang dikasih sama bapak kontrakan tadi siang. Entah kenapa, tiba-tiba aku memutuskan untuk ikut serta dalam pembuatan itu. Akhirnya abis shalat magrib, eksekusi dimulai. Aku menjadi juru pembuat adonan, dengan tangan yang berotot aku mencoba untuk mencampurkan adonan tepung terigu dan gula agar tercampur merata yang ternyata rada susah. Tiba-tiba Rima datang dengan jagung rebus yang banyaaak! nah karena ibu Rima ini jago masak, ya akhirnya eksekusi penggorengan pisang goreng ini dilakukan sama ibu Rima. Karena ada jagung nganggur, aku yang punya tangan berotot kayak Agnes Monica (Aamiin) ditugaskan untuk mengerut jagungnya,...

Jakarta : Membuatku terlena, tapi aku benci

 12/16/2020 Assalamu'alaykum semua nya, lama tak berjumpa. Lama tak menyimpan cerita dalam sebuah narasi buruk mengenai hari-hari ku dan juga mimpi-mimpiku. Hidupku kini terlalu monoton terlalu mengejar target yang selalu terlambat. Sudah 2 tahun lamanya aku tinggal di ibu kota, banyak pengalaman dan hal-hal yang aku dapat disini. Mulai dari shock culture 3 bulan pertama datang di Jakarta. Belum pernah sebelumnya aku mengalami kesulitan adaptasi selain di Jakarta ini. Dulu, aku pikir aku termaksud orang yang "keras" yang tidak mudah tersinggung namun setelah datang ke Jakarta aku sadar mental ku tak sekeras itu. Menjadi orang baru Jakarta dulunya adalah sebuah tantangan. Menjadi diri sendiri sangat sulit waktu itu, menjadi orang lain apa lagi. Terutama di saat itu aku menjalani masa magang di departemen kandungan dengan orang2 lulusan UI atau setidaknya orang-orang yang memang tinggal di sana. Banyal hal-hal yang aku khawatirkan, terutama di nyinyirin. wkwkw. Karena pada ...

Basic Workshop Osipital 2013 / BMW 2013

Long time no see!! Well, Assalamu'alaykum wr wb.. Ah, sudah lama rasanya melupakan blog ini sejak masuk semester 3. DMS (baca: Dermatomusculosekeletal) done!! Akhirnya blok tersusah di semester ini berakhir juga, walaupun masih ada utang ident PA. Semoga aja Hypoglossus (Angkatan kami di FK Unsoed) lulus semua, terutama buat temen2 Reproku tersayang, Fita, Ayu, Fifi, Billy, Dessy, Bibah. Oke, kali ini aku mau cerita tentang workshopnya Osipital. Jadi workshop ini merupakan salah satu proker OSI yang diadain ga sampe 1 tahun sekali, kali ini dengan komandan kami, mas Cahya. Setelah 2011 lalu kami mengadakan acara ini, akhirnya di 2013 acara ini diadaiain dengan pemateri yang sama dr.Siswo dari BASARNAS. Apa itu BASARNAS, BASARNAS itu singkatan dari Badan SAR (oke SAR ya bukan SARS) Nasional.  Sebenernya menurutku acara kali ini diadainnya benar2 mendadak, kalau tahun 2011 lalu persiapan dari H-stgh tahun, kami cuman menyiapkan ini dalam waktu 3bulan dengan efektif 1 bulan...