Skip to main content

Sumbing, sebuh mimpi yang terealisasi

Assalamu'alaykum gaes, aku sedang bahagia nih. Akhirnya bisa jg aku menginjak gunung Sumbing..

Namanya Sumbing tingginya 3371 mdpl, kami memutuskan untuk memulai pendakian kami dari Garung, daerah Wonosobo. Pendakian kali ini menurutku salah satu pendakian yang meyenangkan. Kami berempat aku, Fita, Tomi, Tedi awalnya harus berdiskusi dlu nentuin tujuan kami, walaupun aku harus votting, hasut2 dikit, akhirnya pilihan kami jatuh pada SUMBING! Ya, aku tau sih sebenarnya Fita ga terlalu kepingin. Tapi aku pingin, aku pingin ngerasain naik ke Sumbing, kenapa?? pingin aja, pingin setelah sebelumnya anti pati, hmm mungkin semacam mnantang diri sendiri..

Akhirnya dengan segala ketidak sengajaan dan kesel2 byk (krn hampir bgt kita gakjadi H-1) kami naik barang teman UPN dan teman2 UKDW, Hargo dari UPN, mas Billy, mas Andar, mas Yeri, mas Sigit, mas Dimas, mas Billy dari UKDW ketemuan di basecamp Garung Wonosobo. Kalau dari Purwokerto sih sekitar 3 jam kurang, dari Jogja 4 jaman sudah sama makan.. Oke.. aku mau lanjut cerita tentang perjalanku ini perpoin..

1. Mas Brian tyata kalem
aku terbohongi! kali pertama dan terakhir aku bertemu mas Brian sebelum dipendakian ini saat kami berada di Slamet, setelah akward momen krn aku malah sebut, "Mas Benny ya?" didepan temen2 dia dan itu memalukan bgt. Setelah itu kita cuman ngobrol2 dikit aja. Setelah follow2 Ig dan ngepoin (ya pastilah ya ngepoin ngapain follow kloo ga tak kepoin to?) akhirnya aku berfikir kalo mas Brian ini orgnya bakal rada rame2 gimana gitu, apalagi pas ngomongin Sumbing juga keliatan rame, Taunya, pas ketemuan di basecamp, amas Brian tyt kalem, yausdahlah kuikutan kalem... 

2. Jadi anak offroad
Karena waktu kami yang mepet (baru naik jam 11 malam, dan malemnya harus udah di purwokerto lagi), kami memutuskan untuk naik ojek ke garung jalur lama. Bayarnya 25 per org. Dan OMG, dari awal naik ojek aja aku uda pucat, melihat mas2 ojek yang udah siap bawa carrierku sambil bilang, "gonceng sini mba!" (nunjukin bangku depan motor)
(aku pucat, kaget, gila aja bonceng depan, emang ank tk apa)
(masih ttp ga yakin, lihat yg lain sambil senyum2 yg lain malah ikutan senyum)
(yawis Bismillah mangkat)
Dan ternyata.. itu menjadi pengalaman naik ojek tergilak!!! motor masnya ini gak ada lampunya, dia pake headlamp super terang. terus kalau lampunya mau dia arahin ke kanan atau kiri pasti kan melewati kepalaku dlu, 
momen-momen itu... disaat dia melewati kepalaku, dan tiba-tiba semuanya menjadi gelap.. karena lampu headlampnya kehalangan kepalaku, aku semakin pucat, dan semakin banyak berdoa 
(makasih ya mas ojek, aku jadi lebih banyak berdoa diawal perjalanan ini, makasih banyak loh ya mas)

*Tapi aku gacemen loh ya, buktinya semua yg naik ojek terkaget2
(10 menit dari basecamp ke pos 1)

2. Berdoa bareng
Nah ini momen so sweet, kita berdoa bareng, berdoa brg sih sering tp berhubung kita berbeda-beda tetapi satu jua, menurutku jadi so sweet gmn gitu
(Pos 1 - Pos 2) --> 2 jam

3. Bonus goyangan mas Dimas yang aduhai~~
Di saat kita semua uda cape naik, disaat kakiku mulai protes dan aku memutuskan untuk istirahat. Mas Dimas yg dibelakang kami naik keatas dan menari-nari gajelas. Omg, tapi itu lucu, aku gak tau kenapa mas Dimas masih bisa melakukan hal seperti itu. Btw ini ngehabisin tenaga sih, karena ketawa mulu, tapi hiburan juga sih. Duh, aku jadi pingin naik gunung lagi kaan..

3. Perjalan paling tidak santai adalah perjalanku ke sumbing ini, gak banyak istirahat, walaupun aku jalan2nya pelan-pelan. hehe
POS 2 - POS 3 --> 1,5 jam

4. Kami ngecamp disatu spot yang bedanya kurang lebih 15 menit dari pestan, kenapa gak di pestan? karena pestan ini terlampau terbuka, antiipasipasi kena angin mahadasyat --> frame rusak atau malah tenda terbang --> bunuh adek dirawa2 bang

POS 3 - CAMP --> 1 jam

5. Muncak
Setelah bangun jam 8, makan2 roti terus foto2 cyantik, kami memutuskan untuk muncak pukul 10, kalau jam 13 belum juga sampai kami mau lgsg turun aja.. Sayangnya karena jam 11.30 saja kami masih di pasar watu, jarak kepuncak masih 2,5-3 jam lagi  (tentu kalau Tedi, Tomi, Hargo 1,5 jam aja uda nyampe) akhirnya kami memutuskan untuk berhenti sampai situ aja.. Tapi pemandangannya okeee bangeeeeeets, pokoknya ga nyesel deh. Apik bgt, MasyaAllah :)
CAMP - PESTAN --> 30 menit
PESTAN - PSR WATU --> 2 jam

6. Kemesraan
Nah di pasar watu ini ada batu gede yang kece banget kalau dipake buat foto, tentu momen foto ini ga dilewatkan sama Mas Brian dan mas Andar, brhbg mereka mau pisah lama, pendakian ini jadi momen pendakian trakhir mereka (duh, aku turut bangga bisa menemani kalian ya mas2). Terus mereka foto2 gitu berdua, dan kupikir itu mesra bukan homo kook, walau ada adegan mesra, hehe. hmm, So sweet aja, kayaknya mereka emg deket bgt mungkin kayak aku sama Fita kali ya? Jadi kepikiran sebelum intership nanti, aku mau momen pendakian terakhir ah sm Fita~ :-*


7. Kebohongan tentaang Muntah
Jadi, sebenanrya salah satu alasan kami kenapa gak muncak adalah mas Dimas yg katanya muntah2, yups mas Dimas kena AMS atau Acute Mountain Sickness (mungkin kapan2 aku mau ngeblog bahas ttg ini, mungkin loh) begitu mendengar kalau mas Dimas muntah2 sebagai tanda2 dr AMS, aku dengan begony bilang ke mas Brian,
"Aku ada domperidone nih mas, biar ga mual2" (hening sebentar, lalu merasa konyol)
"Hehe, tapi gak guna juga ya mas, ini kan AMS bukan mual muntah kaya biasa"
Sebenernya aku ngerasa bego bgt sih, karena obat AMS aja aku gaktau aku malah mikir apa kasih acetazolamide, aelah hei itu kan kalo uda bengkak2, kowe kurang baca fiks, maklum koas baru 5 bulan kurang..

Akhirnya mas Dimas ini dikasih mp sama mas Brian, dan ternyata.
pas ke bawah, menurut cerita, pas mas Dimas tanya kenapa gak muncak itu karena ada yg muntah. Eh mas Dimas malah nanya, 
"siapa yang muntah?", 
ya jelas temannya bilang "Loh, kan kamu?", 
dan mas Dimas jawab, "Aku ga muntah"
menurut versi mas Yeri, "Aku menyelamatkanmu kalau gak gitu kamu kita tinggal lama"
Oke mass Yeri bener2 dah..

8. Masak sambil ngode
Selama perjalanan naik ini, kita aka ank PWT dan mereka aka ank JOGJA diem2 aja, ya kecuali kalau bahas map.. Nah pas masak ini karena kita saling pinjem barang, akhirnya kita ngobrol2 dikit. Ya sebenernya mas Yeri yang suka ngode, dengan mas Billy sebagai korbannya, berhubung kurasa kita gak da bercnda2nya ya jadi kukerahkan jurus emak2 alias jurus pelitku, ya bisa mencairkan suasana sedikit. Mungkin kalau kita masak brg2 bakal lebih rame kali ya.. Btw satu adegan yang paling kuinget pas mas Yeri mau nutrisari yang kami bawa,
"Apa Bil?? Kamu mau nutrisari?" 
aku jawab, "Apa fit? Nutrisarinya udah habis??" 
dan banyak lagi yg mengorbankan mas Billy dan Fita

Btw aku engga beneran pelit loh, haha ya walaupun aku suka irit dan perhitungan, xoxo seenggaknya ini mencairkan suasana. Thanks to mas Yeri dan mas Billy 

9. Mas Dimas berulah lagi
Nah karena turunku lama, akhirnya aku memutuskan untuk turun terakhir dan Fita nemenin aku (hehe.. thankyuu fit) berhubung mas Dimas juga mau nyante, akhirnya dia nemenin kami sama Hargo.. Kita sering bahas2 sih tentang muntah itu, ya walaupun itu sebuah kebohongan.. dan mas Dimas berulah lagi, padahal kita semua tak terkecuali mas Dimas ini udah pada capek, 
"Yang lain dimana jauh gak?" Tanya mas Dimas
"Lumayanlah" jawab aku
"Walau jarak jauh tidak memisahkan cinta" entah gimana ngomongnya yg jelas intinya gini, bisane mas Dimas berulah di saat2 begini..


10. Yeay pos 1, we love ojek
Akhirnyaa sampai pos 1 juga yang mendadak ramene polllll... karena Tedi Tomi besok ujian, kami memutuskan untuk naik ojek. Awalnya aku uda mau shock dluan kalau harus di dpan, mana kali ini yang boncengin bapa2, untungnya tidak. Ya walaupun gitu aku ttp takut sih, karena jalannya turun bgt.. Tapi mau gimana lagi, demi Jonowi dan koko Tedi kukeluarkan duit 20rb buat naik ojek (itupun minjem Fita dlu buat bayar).

Dan alhamdulillah kami sampai di basecamp sekitar pukul 17:15 disusul mas Brian dkk sekitar satu jam 18:30..

NB 

  1. Pendakian terunik karena baru pertama kali naik ketemuannya di basecamp
  2. Pendakian tercepat
  3. Pendakian tergamasak yang aneh2
  4. pendakian terniat bawa snack (mengingat cowok2nya ada 9)
  5. Pendakian yang deg-degan (sejujurnya aku rada cemass, sama keselamatan semua karena mau gak mau aku yang ngajak mereka, jadi aku merasa bertanggung jwb so sorry klo aku cerewet terutama sama Hargo, hoho)
Tempat ngecamp kita indah bgt yaa.. :-)))

Jalan salah fokus sama mas2 yg di blkg 

Terlampau bahagiaan niih, jujur aku seneng bgt saat itu

Aku sm Fita mau kek gini jg ntr 😂

Boy band ala2


Gengs Purwokerto

Lg msk sm Hargo, keliatannya sih akur pdhl bertengkar mulu


Thanks to :

  • Oh tentu saja teman terbaik saya selama pendakian, yang mau dihasut biar ke Sumbing, yg siap sedia aneka plastik, yg sabar menemani di gunung maupun dikegiatan2 kampus, perempuan yg cuek tp peduli, Fita 😊😊
  • of course mas Briaaan : terimakasih sudah jadi tour guide kita yang supel bgt ama kita plus sabar, plus baik hati (kita ma apa atuh tanpa mas Brian). Plis jangan nyesel naik gunung brg kita2 ya maas...  walaupun mas kalem tapi asiik kooook
  • Hargo : Hargo!!! Makasih banyaaak, kamu menjadi tamu kedua kami (aku, Fita, Tomi, dan Tedi) setelah Irfan yang bawah barang paling byk dr orang yg ngajak. Im so sorry go, sebagai tuan rumah aku jadikan kamu porter.. Kami padamu go, semoga sebelum menginjakkan kaki dari PWT kami bisa temani kamu ke Slamet yaa...
  • Norman dan Mas Tata yang tanpa mereka Hargo dan mas Brian gakbisa ikutan
  • mas Yeri dan mas Dimas : yg bikin byk ketawa, hihi
  • mas Sigit, mas Billy, sama mas Andar : yg sudi menemani wanita2 lemah ini.. kapan2 kalau ke pwt naik bareng lg ya mass
  • Tomi Tedi : 2 T yang tiba2 mau gakjadi gara2 radiologi ujian, thanks yah sudah dikorbankan minggunya, soale sama to? Kita kan udah sepaket berempat kalau naik gunung masak aku naik kalian ga ikut.
  • Dan, Alhamdulillah terimakasi ya Allah atas ijinmu kami bisa menginjakkan kaki di gunung Sumbing..

Terlampau senang,


HEIDI



Comments

Popular posts from this blog

Malam produktif

Assalamu'alaykum, hari ini aku telat bangun pagi lagi~~ I hate this situation.. tp gpp karena td malam aku baru menjadi kokinya anak kontrakan (y!) Magrib kemren aku yang baru bgn yg masih setengah nyawa gara2 ketiduran *lagi* diem ngelamaun depan kompi. Mbak Idon, yang sekiranya sedang bermood bagus bilang kalau mau bikin pisang goreng dari pisang yang dikasih sama bapak kontrakan tadi siang. Entah kenapa, tiba-tiba aku memutuskan untuk ikut serta dalam pembuatan itu. Akhirnya abis shalat magrib, eksekusi dimulai. Aku menjadi juru pembuat adonan, dengan tangan yang berotot aku mencoba untuk mencampurkan adonan tepung terigu dan gula agar tercampur merata yang ternyata rada susah. Tiba-tiba Rima datang dengan jagung rebus yang banyaaak! nah karena ibu Rima ini jago masak, ya akhirnya eksekusi penggorengan pisang goreng ini dilakukan sama ibu Rima. Karena ada jagung nganggur, aku yang punya tangan berotot kayak Agnes Monica (Aamiin) ditugaskan untuk mengerut jagungnya,...

Jakarta : Membuatku terlena, tapi aku benci

 12/16/2020 Assalamu'alaykum semua nya, lama tak berjumpa. Lama tak menyimpan cerita dalam sebuah narasi buruk mengenai hari-hari ku dan juga mimpi-mimpiku. Hidupku kini terlalu monoton terlalu mengejar target yang selalu terlambat. Sudah 2 tahun lamanya aku tinggal di ibu kota, banyak pengalaman dan hal-hal yang aku dapat disini. Mulai dari shock culture 3 bulan pertama datang di Jakarta. Belum pernah sebelumnya aku mengalami kesulitan adaptasi selain di Jakarta ini. Dulu, aku pikir aku termaksud orang yang "keras" yang tidak mudah tersinggung namun setelah datang ke Jakarta aku sadar mental ku tak sekeras itu. Menjadi orang baru Jakarta dulunya adalah sebuah tantangan. Menjadi diri sendiri sangat sulit waktu itu, menjadi orang lain apa lagi. Terutama di saat itu aku menjalani masa magang di departemen kandungan dengan orang2 lulusan UI atau setidaknya orang-orang yang memang tinggal di sana. Banyal hal-hal yang aku khawatirkan, terutama di nyinyirin. wkwkw. Karena pada ...

Basic Workshop Osipital 2013 / BMW 2013

Long time no see!! Well, Assalamu'alaykum wr wb.. Ah, sudah lama rasanya melupakan blog ini sejak masuk semester 3. DMS (baca: Dermatomusculosekeletal) done!! Akhirnya blok tersusah di semester ini berakhir juga, walaupun masih ada utang ident PA. Semoga aja Hypoglossus (Angkatan kami di FK Unsoed) lulus semua, terutama buat temen2 Reproku tersayang, Fita, Ayu, Fifi, Billy, Dessy, Bibah. Oke, kali ini aku mau cerita tentang workshopnya Osipital. Jadi workshop ini merupakan salah satu proker OSI yang diadain ga sampe 1 tahun sekali, kali ini dengan komandan kami, mas Cahya. Setelah 2011 lalu kami mengadakan acara ini, akhirnya di 2013 acara ini diadaiain dengan pemateri yang sama dr.Siswo dari BASARNAS. Apa itu BASARNAS, BASARNAS itu singkatan dari Badan SAR (oke SAR ya bukan SARS) Nasional.  Sebenernya menurutku acara kali ini diadainnya benar2 mendadak, kalau tahun 2011 lalu persiapan dari H-stgh tahun, kami cuman menyiapkan ini dalam waktu 3bulan dengan efektif 1 bulan...